Laporkan Masalah

THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA TOWARDS ONLINE SHOPPING CUSTOMERS SATISFACTION

REZAA FADHEL KARIMA, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA.

2017 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

INTISARI Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh variabel kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, dan media sosial dalam kepuasan pelanggan belanja daring . Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan e-service, kegunaan, dan media sosial dalam platform online dan kontribusinya terhadap kepuasan-kepuasan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru-baru ini Universitas Gadjah Mada. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 167 responden. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R2). Dari persamaan regresi ini, Y = 0.248 - 0.037 IQ + 0.222 SQ + 0.204 ESQ +0.120 UF + 0.380 SM Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Analisis menunjukkan bahwa kualitas sistem (SQ), kualitas e-service (ESQ), dan media sosial (SM) berpengaruh positif terhadap kepuasan-kepuasan. Adjusted R-square sebesar 36,2% menunjukkan bahwa e-satisfaction dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen dalam persamaan regresi sedangkan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian. Temuan mengenai kualitas layanan online teknologi e-commerce akan berguna untuk praktik manajerial saat ini seperti membuat kebijakan bisnis, pengambilan keputusan, dan berbagi informasi kepada para manajer dan pemimpin organisasi. Peluang penelitian media sosial ini bermanfaat dan vital bagi kalangan akademisi dan profesional. Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Kegunaan, Social Media, Kepuasan Pelanggan  

ABSTRACT This research is conducted to obtain empirical evidence about the influence of the variable information quality, system quality, e-service quality, usefulness, and social media in e-satisfaction. The purpose of this paper is to investigate information quality, system quality, e-service quality, usefulness, and social media in online platform and their contribution on e-satisfaction.The population in this study are recent students of Universitas Gadjah Mada. Sampling technique used is purposive sampling in order to obtain a total sample of 167 respondents. This analysis includes: validity and reliability test, multiple regression analysis, and hypothesis testing through t test and F test, as well as the coefficient of determination (R2). From this analysis regression equation: Y = 0.248 – 0.037 IQ + 0.222 SQ + 0.204 ESQ +0.120 UF + 0.380 SM The analysis technique that is used in this research is multiple regression analysis. The analysis showed that system quality (SQ), e-service quality (ESQ), and social media (SM) positively affects e-satisfaction. Adjusted R-square of 36.2 % indicates that e-satisfaction can explained by the three independent variables in the regression equation while the rest 73.8 % is influenced by other factors outside the research model. The findings on online service quality of e-commerce technology will be useful for current managerial practice such as making business policies, decision making, and sharing information to managers and organization leaders. This research opportunities of social media are useful and vital for both academics and professionals. Keywords : information quality, system quality, e-service quality, usefulness, social media, e-commerce website use, e-satisfaction

Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Kegunaan, Social Media, Kepuasan Pelanggan

  1. S1-2017-288629-title.pdf