Laporkan Masalah

KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBYEK WISATA ALAM KALIBIRU, KABUPATEN KULONPROGO

IKHWAN NUR RAHARJA, Ir. Retno Nur Utami, M.P.

2017 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Terdapat banyak obyek wisata alam yang menempati kawasan hutan, dan salah satu diantaranya adalah Obyek Wisata Alam Kalibiru, Kabupaten Kulonprogo. Adanya peningkatan jumlah kunjungan di Obyek Wisata Alam Kalibiru mengindikasikan adanya perasaan puas dari pengunjung terhadap kinerja pengelolaannya. Kepuasan pengunjung merupakan suatu perasaan senang maupun kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesan dan harapannya terhadap kinerja suatu produk. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung di Obyek Wisata Alam Kalibiru, mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pengunjung dengan kinerja pengelola Obyek Wisata Alam Kalibiru, dan mengetahui strategi pengelola Obyek Wisata Alam Kaliburu yang sesuai untuk menjaga kepuasan pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan bantuan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Setelah data diperoleh, dilakukan analisis data dengan mengunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menganalisis tingkat kepuasan, dan hasil dari tingkat kepuasan digunakan untuk melihat tingkat kesesuaian dengan cara membandingkan antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingannya. Kemudian, analisis dilanjutkan dengan menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) untuk menentukan strategi pengelolaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kepuasan pengunjung memiliki nilai 74,31%, yang masuk ke dalam kategori puas, dengan rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 91,225%. Strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kepuasan pengunjung adalah dengan memperbaiki sarana dan prasarana obyek wisata alam yang dinilai pengunjung masih kurang kinerja pengelolaannya.

There are many natural tourism objects that occupy a forest area, which one of those is Kalibiru Natural Tourism Object located in Kulonprogo Regency. The increasing number of visits in Kalibiru Natural Tourism Object indicates the feeling of visitors satisfaction due to the performance of its management. Visitors satisfaction is someones feeling of pleasure or disappointment that comes from the comparison between the impression of a product's performance and his expectations. This research had three objectives, namely to know the level of visitors satisfaction in Kalibiru Natural Tourism Object, to know the level of the conformity between the visitors expectations with the performance of Kalibiru Natural Tourism Object management and to determine the management strategy of Kalibiru Natural Tourism Object that is appropriate for the visitors satisfaction. This research was a quantitative descriptive research in which a data collection instrument in the form of questionnaire was used. The sampling technique used was random sampling technique. The visitors sample in this research was 100 respondents. After the data had been obtained, the researcher then analyzed them by using Customer Satisfaction Index (CSI) to calculate the satisfaction level. The result of the satisfaction level was furthermore used to know the level of the conformity by comparing the level of performance with the importance level. Finally, the data analysing were to be continued by using Importance-Performance Analysis (IPA) to determine the management strategy. From the results of this research it were known that the visitors satisfaction level had a value of 74.31%, which was included in the satisfied category with the average level of conformity of 91.225%. The recommended was increase the visitors satisfaction by improving the facilities and infrastructures of the natural object that were considered by the visitors less satisfied and need improvement in the management performance

Kata Kunci : kepuasan pengunjung, Obyek Wisata Alam Kalibiru, customer satisfaction index, tingkat kesesuaian, importance-performance analysis ; visitors satisfaction, Kalibiru Natural Tourism Object, customer satisfaction index, the level of conformity, importance-pe