Laporkan Masalah

Analisis Faktor Pengaruh Kesuksesan Pengembangan Produk pada Industri Kreatif

REZA AZEEM RIDHA, Nur Aini Masururoh, S.T, M.Sc, Ph.D

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan pengembangan produk pada industri kreatif. Pengembangan produk pada industri kreatif di Indonesia menjadi penting karena memiliki potensi dalam pembangunan perekonomian negara. Daya pikir menjadi modal dasar dan digunakan sebagai motor industri kreatif dalam pengembangan produk. Pengembangan produk perlu dilakukan secara berkala karena umur produk yang semakin pendek. Pengembangan produk memerlukan biaya yang cukup besar sehingga perlu dilakukan seefisien mungkin. Pengetahuan mengenai New Product Development (NPD) success factor perlu dikuasai oleh product developer dalam industri kreatif sehingga NPD dapat dilakukan secara seefektif dan seefisien mungkin. Secara umum, terdapat 3 faktor yang mempengaruhi kesuksesan NPD. Ketiga faktor tersebut adalah hubungan antar tim, dukungan pihak manajemen, dan struktur organisasi. Analisis mengenai faktor yang mempengaruhi kesuksesan NPD dalam industri kreatif tidak hanya dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut. Melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden, didapatkan data mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan pengembangan produk pada industri kreatif. Responden yang dipilih adalah orang yang memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai pengembangan produk seperti bagian management, product developer, atau pihak yang bersangkutan dengan proses pengembangan produk. Terdapat 7 faktor usulan yang terdapat dalam instrumen penelitian ini di mana masing-masing faktor memiliki beberapa variabel manifes. Data yang didapatkan dari responden kemudian diolah menggunakan EFA dan CFA sehingga didapatkan 6 faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan NPD yaitu technical and tools, resource skills, internal and management support, market environment, resource, dan marketing. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh bahwa faktor yang memiliki pengaruh terbesar terhadap kesuksesan pengembangan produk adalah faktor marketing lalu diikuti oleh faktor internal and management support. Faktor marketing memiliki total pengaruh sebesar 0,882, sedangkan faktor internal and management support memiliki total pengaruh terhadap kesuksesan pengembangan produk sebesar 0,549. Faktor yang memiliki total pengaruh terkecil terhadap kesuksesan produk adalah faktor resource skills sebesar 0,045.

The main objective of this study is to identify factors that have impact to New Product Development (NPD) success. NPD in creative industries in Indonesia is a crucial part of national economy because the potential to develop economy itself. Creativity become the most powerful asset of creative industries. It used as the motor of industries in NPD. NPD should be done continuously because of the shorten of product life. In NPD, cost will be needed in large numbers, with the result that NPD should be done effectively and efficiently. Generally, there are 3 factors that affect NPD success. The factors are teams’ relationship, management support, and organization structure. In this study, not only those factors that can have impact on NPD. One hundred and fifty respondents have given their perception about NPD success factors of creative industry. The respondent has to be experienced in product development such as manager. Product developer, or someone who has duty in product development processes. There are 7 proposed factors that is mentioned in the research instrument in this study where each factor has several manifest variables. Data that has collected from respondents will be processed with CFA and EFA. Six factors is resulted by the process that affects NPD success. The 6 factors that affect positively to NPD success are technical and tools, resource skills, internal and management support, market environment, resource, and marketing. Based on this study result, the most influential factor to NPD success is marketing followed by internal and management support. The total effect value of marketing is 0,882 while internal and management support’s is 0,549. The least influential factor to NPD success is resource skills. The total effect value of resource skills is 0,045

Kata Kunci : CFA, industri kreatif, SEM, NPD, success factor.

  1. S1-2017-349674-abstract.pdf  
  2. S1-2017-349674-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-349674-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-349674-title.pdf