Laporkan Masalah

PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSI DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC 2010 - 2014

KURNIAJI SATRIO, Jogiyanto Hartono M, Prof., Dr., MBA., Ak., CMA., CA.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap terhadap nilai perusahaan. Perusahaan yang diteliti merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2010-2014. Pengambilan perusahaan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kriteria: (1) terdaftar di BEI berturut-turut selama tahun 2010-2014, (2) laporan keuangan tahunan auditan dapat diakses secara langsung selama tahun 2010-2014. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh 115 perusahaan sampel. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (β1=0,126; p=0,007<0,05). Hal ini menunjukkan jika kepemilikan institusional semakin meningkat, maka nilai perusahaan juga cenderung meningkat; (2) kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (β2=0,277; p=0,000<0,05). Hal ini menunjukkan jika kepemilikan manajerial semakin meningkat, maka nilai perusahaan juga cenderung meningkat; (3) koefisien determinasi adjusted model regresi penelitian ini sebesar 5,8%.

This is an empirical research that aimed to examine the effect of institutional ownership and managerial ownership on company value. The company under study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia - BEI) during 2010-2014. The sample collection was conducted based on purposive sampling using the criteria: (1) registered to Indonesian Stock Exchange from 2010-2014, (2) the annual audited financial reports can be directly accessed from 2010-2014. Based on the criteria, 111 companies are eligible as the sample of the research. The analysis to test the hypothesis was multiple regression analysis. The result shows that (1) Institutional ownership positively affects the value of the company (β1=0,126; p=0,007<0,05). It means that if institutional ownership increases, the value of the company also tends to increase. (2) Managerial ownership positively affects the value of the company (β2=0,277; p=0,000<0,05). It means that if managerial ownership increases, then the value of the company also tends to increase. (3) Adjusted coefficient of determination of the research’s regression model is calculated as 5,8%.

Kata Kunci : kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, nilai perusahaan, purposive sampling, koefisien determinasi adjusted, managerial ownership, institutional ownership, company value, purposive sampling, adjusted coefficient of determination

  1. S2-2017-358191-abstract.pdf  
  2. S2-2017-358191-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-358191-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-358191-title.pdf