Laporkan Masalah

ANALISIS ATRIBUT MODEL BISNIS SEKOLAH ROBOTIKA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

NIZAR FATHONI, Dr. Eng. Herianto, ST., M.Eng.

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Perkembangan sekolah robotika merupakan salah satu bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perkembangan teknologi adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari aspek hidup manusia modern. Permintaan kualitas pendidikan formal terus meningkat seiring perkembangan zaman. Peningkatan permintaan berpengaruh pada peningkatan penawaran yang harus terpenuhi juga. Kesempatan bisnis sekolah robotika semakin terbuka dan persaingan sesama pelaku bisnis serupa semakin meningkat. Ironisnya peningkatan antusiasme masyarakat mempelajari robotika justru menyebabkan banyak lembaga pendidikan robotika yang tidak dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Langkah-langkah konkret diperlukan dalam memenangkan persaingan. Business Model Canvas merupakan pendekatan untuk mengetahui segala aktivitas yang terlibat dalam pelaksanaan suatu bisnis, termasuk kaitannya dengan elemen-elemen, dan pihak pihak kunci dalam pelaksanaan kegiatan usaha. Model bisnis memberikan gambaran pasti bagi pelaku usaha dalam upaya memenangkan persaingan pasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan survei. Instrumen penelitian dibagi berdasarkan elemen-elemen penyusun Kanvas Model Bisnis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi sekolah robotika tertentu yang ada di Yogyakarta. Target pasar dari bisnis ini adalah masyarakat melek teknologi di Yogyakarta. Unit analisis dari penelitian ini adalah sekolah robotika. Penelitian ini menggunakan metode random sampling. Total sebanyak 105 kuisioner disebar kepada responden dan 85 diantaranya kembali. Response rate dari penelitian ini sebesar 80,95%. Setelah melalui data cleansing, diperoleh 80 data yang dapat digunakan untuk proses berikutnya. Metode yang digunakan adalah regresi linier dan penyusunan Business Model Canvas. Regresi linier digunakan untuk mengamati hubungan antara implementasi atribut sekolah robotika dengan kinerja dari sekolah robotika. Sedangkan Business Model Canvas digunakan untuk melihat model bisnis yang paling sesuai untuk diterapkan. Secara umum, hubungan implementasi atribut sekolah robotika dan terhadap kinerja dari sekolah robotika mengikuti persamaan y = -0.00205209 (-x + 426.049�x - 45379.3). P-value dari persamaan ini adalah 0,800. Hal ini mengindikasikan kurangnya hubungan yang signifikan antara implementasi atribut sekolah robotika dan kinerja sekolah robotika.

The development of robotics school is one of the process in creating a better human resource quality. Technology development is one inseparable aspect of modern life. The ongoing demand of quality towards formal education is increasing in time. This affects on the increase of supplies as well fulfilled. The chance of creating a robotic school is more promising and yet challenging for the business doers. It has been an irony since the increase of public anthusiasm to learn about robotics made the same business could not stand any longer in the business competition. Concrete steps are needed in order to win the challenge. Business Model Canvas is an approach to document all the activities involved in running a business, elements and all key partners included. Business model gives an understanding and a closer look for the business doers in order to win the market. This research was conducted by using survey. Research instrument development is done by deviding the elements of Business Model Canvas based on the 9 Building Blocks. This research population is students of selected robotic schools in Yogyakarta. The market target of the business is technology-aware people in Yogyakarta. The unit of analysis of this research is the robotic school. This research used random sampling method. Totally, 105 questionnaires were spreaded to respondents, and 85 among them were received back. Response rate of this research is 80,95%. After all data cleansing process, only 80 questionnaires can be used for further process. The methods are linear regression and the fundamental of Business Model Canvas. Linear regression is used to find the relationships between implementation rates of robotics school attributes and the performance of robotics school. BMC is used to give an understanding about the most suitable business model applied. In general, the relationship between implementation rates of robotics school attributes and the performance of robotics school follows the equation y = -0.00205209 (-x + 426.049�x - 45379.3) . P-value of this equation is 0,800. It indicates not really significant relationship between the implementation rates of robotic school attributes and the performance of robotic school.

Kata Kunci : Sekolah robotika, implementasi atribut, regresi, Business Model Canvas

  1. S1-2017-301618-abstract.pdf  
  2. S1-2017-301618-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-301618-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-301618-title.pdf