Laporkan Masalah

Analisis Strategi Pt Jaringan Multimedia Indonesia Pada Persaingan Bisnis Penyedia Jasa Internet Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

FARIS MUHAMAD F., Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.,

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian yang berjudul Analisis Strategi PT Jaringan Multimedia Indonesia Pada Persaingan Bisnis Penyedia Jasa Internet Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan PT. Jaringan Multimedia Indonesia untuk menghadapi persaingan pada bisnis penyedia jasa internet, mengevaluasi strategi yang diterapkan dalam menghadapi persaingan pada bisnis penyedia jasa internet dan menentukan strategi alternatif untuk dapat menghadapi persaingan pada bisnis penyedia jasa internet di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui proses wawancara dengan pihak manajemen tingkat atas PT. Jaringan Multimedia Indonesia, sedangkan data sekunder diperoleh dari data publikasi dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan dua jenis analisis, yaitu analisis lingkungan eskternal yang menggunakan analisis karakteristik industri, analisis Porter Five Forces, analisis driving forces, dan analisis Key Success Factors dan analisis lingkungan internal yang dilakukan berdasarkan sumber daya perusahaan baik sumber daya tangible maupun intangible dan berdasarkan kapabilitas fungsional yang meliputi fungsi aspek pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia dan operasional yang selanjutnya dievaluasi melalui analisis SWOT sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran bagi manajemen PT. Jaringan Multimedia Indonesia mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kekuatan dan peluang lebih memberikan prospek untuk bersaing pada bisnis penyedia jasa internet di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dibandingkan dengan aspek kelemahan dan ancaman PT. Jaringan Multimedia Indonesia, tetapi perusahaan perlu untuk memperbaiki kelemahan serta memperkuat strategi perusahaan terhadap ancaman dari pesaing yang mungkin akan terjadi pada waktu yang akan datang.

This study entitled Analysis of Strategy of PT. Jaringan Multimedia Indonesia is aimed to analyze strengths and weaknesses factors of PT. Jaringan Multimedia Indonesia on facing the competition in the Internet Service Provider business, evaluate the strategies, and determine alternative strategies. This study uses primary and secondary datas, in which primary data is generated from interviews with the top management of PT. Jaringan Multimedia Indonesia, while secondary data is generated from data published by Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. In this study, researchers conducted two types of analysis, the analysis of external environment that include analysis of industry characteristics, analysis of Porter Five Forces, analysis of driving forces, and analysis Key Success Factors, while the analysis of internal environment determined with resources and functional capability that includes the functionality aspects of marketing, finance, and human resources and operations that evaluated through the SWOT analysis is expected to provide an overview for the management of PT. Jaringan Multimedia Indonesia on strengths, weaknesses, opportunities, and threats for the company. The results showed that the aspects of strengths and opportunities to compete have more prospects in the internet service provider business rather than the aspects of weaknesses and threats of PT. Jaringan Multimedia Indonesia, but company need to improve the weaknesses and strengthen strategies of the company against threats from competitors that may be occured in the future.

Kata Kunci : Penyedia Jasa Internet Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Analisis karakteristik industri, analisis Porter Five Forces, analisis driving forces, analisis Key Success Factors, analisis SWOT, analisis sumber daya, dan analisis kapabilitas fungsional.

  1. S2-2017-373066-abstract.pdf  
  2. S2-2017-373066-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-373066-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-373066-title.pdf