Laporkan Masalah

ANALISIS AKTIVITAS RANTAI NILAI UNTUK MEMPEROLEH KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI PERHOTELAN (Studi pada Hotel Semesta Semarang)

PUTU RESI LESTARI, Amin Wibowo, SE, MBA

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini menjelaskan tentang aktivitas rantai nilai pada Hotel Semesta Semarang. Penelitian mencoba menganalisis setiap aktivitas yang ada di dalam Hotel Semesta Semarang dalam rangka menemukan keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai aktivitas rantai nilai. Peneliti menggunakan data primer dan sekunder untuk mendapatkan informasi serta menggunakan wawancara dan observasi dalam pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh aktivitas rantai nilai hotel Semesta menyumbangkan superior efisiensi dan tidak seluruh aktivitas menyumbangkan building blocks. Dua aktivitas yang menyumbangkan ke empat building blocks competitive advantage yaitu departemen pemasaran dan penjualan, dan pelayanan. Efisiensi biaya ini membentuk keunggulan kompetitif Hotel Semesta sebagai cost leadership. Keunggulan kompetitif ini membuat hotel Semesta bertahan dalam persaingan dan meningkatkan okupensinya.

This research explains about value chain activity in Hotel Semesta Semarang. The research attempts to analyse every activity in Hotel Semesta Semarang in order to find competitive advantage. This study uses qualitative research methods with descriptive analysis to gain an in-depth understanding of value chain activities. Researchers use primary and secondary data to obtain information and use interviews and observations in data collection research. The results of this study indicate that all the activities of the Hotel Semesta Semarang at the value chain contribute superior efficiency and not all activities contributes to the four of building blocks competitive advantage. Two activities that contribute to four building blocks competitive advantages are marketing and sales departments, and services. These cost efficiencies form the competitive advantage of the Hotel Semesta Semarang as cost leadership competitive advantage. This competitive advantage makes the Hotel Semesta survive in the competition and increase its occupancy.

Kata Kunci : rantai nilai, keunggulan kompetitif, superior efisiensi / value chain, competitive advantage, superior efficiency