Laporkan Masalah

ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASIONAL PERSEPSIAN KARYAWAN HOTEL JENTRA DAGEN YOGYAKARTA

ELIN ROSITA, Dr.Harsono.M.Sc

2017 | Tesis | S2 Manajemen

INTISARI Kepemimpinan digunakan seseorang dalam organisasi untuk mampu mempengaruhi bawahannya untuk memberikan hasil pada peningkatan kinerja dan keuntungan perusahaan. Terdapat empat dimensi pembentuk gaya kepemimpinan pada penelitian ini yaitu telling, selling, participating dan delegating. Selain itu, faktor kejelasan situasi dan interaksi perilaku manusia atau iklim organisasional yang dipersepsikan karyawan menjadi penting untuk memotivasi karyawan melakukan pekerjaan yang terdiri dari lima dimensi yaitu support, pressure, cohesion, intrinsic recognition dan impartiality. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis gaya kepemimpinan dan iklim organisasional persepsian karyawan dan menguji perbedaan hasil kedua variabel berdasarkan atribut karyawan Hotel Jentra Dagen, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi deskriptif. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner dengan jumlah responden 55 karyawan yang terdiri dari tenaga kerja yang berada di segala posisi jabatan yang mengalami kinerja formal dan telah memiliki masa kerja minimal lima bulan. Hasil temuan pada gaya kepemimpinan paling dominan di hotel menurut persepsi karyawan yaitu terdapat pada dimensi selling) yang berlaku pada orientasi tugas tinggi dan orientasi hubungan juga tinggi, tingkat kedewasaan pegawai tinggi. Dalam situasi tersebut, pemimpin memberikan pengarahan secara seimbang dengan memberikan dukungan, meminta dan menghargai masukan dari karyawan. Iklim organisasional persepsian pada dimensi pressure, cohesion, intrinsic recognition dan impartiality cenderung sangat tinggi. Terdapat perbedaan persepsi karyawan berdasarkan jenis kelamin, latar belakang pendidikan dan masa kerja karyawan pada dimensi iklim organisasional persepsian.

ABSTRACT Leadership is used by someone in the organization to influence their subordinates and deliver results on the improvement of company's performance profits. There are four dimensions of leadership style in this research that is telling, selling, participating and delegating. In addition, the clarity of the situation and the interaction of human behavior or organizational climate perceived by employees become important to motivate employees to do a good job consisting of five dimensions of support, pressure, cohesion, intrinsic recognition and impartiality. The purpose of this study is to analyze the leadership style and organizational climate perceptions according to the hotel employee perceptions and to analyze the difference of the results of the two variables based on employee attribute of Hotel Jentra Dagen, Yogyakarta. This research is a descriptive study. Data collection tool of this study using questionnaires with the number of respondents research consist of 55 employees who are working in any positions that experienced formal performance, they has a minimum period of five months. The most dominant findings of leadership style in the hotel according to employee perceptions are found on the dimensions of (selling) that apply to high task orientation and relationship orientation which is also high in the employee maturity level. In such situations, leaders provide a balanced briefing by providing support, soliciting and valuing employee feedback. The organizational climate of perceptions on the dimensions of pressure, cohesion, intrinsic recognition and impartiality tends to be very high. There were any employee perceptions differences based on gender, educational background and employment time of employees on the perceptions of organizational climate dimensions.

Kata Kunci : gaya kepemimpinan, iklim organisasional

  1. S2-2017-360487-abstract.pdf  
  2. S2-2017-360487-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-360487-tableofcontent.pdf