Laporkan Masalah

ANALISIS PERANAN PRIVATE LABEL SEBAGAI PENDORONG TERBENTUKNYA LOYALITAS TOKO

KHAIRUL RAHMAN, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penyebaran yang besar oleh dua jaringan minimarket terbesar di Indonesia, khususnya di D.I.Yogyakarta. Kedua jejaring minimarket ini saling bersaing untuk memenangkan pasar di propinsi ini. Salah satu strategi yang digunakan untuk menciptakan loyalitas pelanggan adalah dengan menyediakan private label. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran private label pada loyalitas pelanggan terhadap toko. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 170 responden yang ada di D.I.Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Responden dari penelitian ini berusia 18 sampai 45 tahun dan pernah melakukan pembelian di jaringan minimarket tersebut minimal dua kali dalam 3 bulan terakhir. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisa penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat harga dan keragaman produk memiliki pengaruh positif pada keinginan untuk setia terhadap private label. Selain itu, tingkat harga dan loyalitas terhadap private label memiliki pengaruh positif pada loyalitas terhadap peritel. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat harga lebih memberikan pengaruh positif pada loyalitas terhadap peritel dibandingkan dengan loyalitas terhadap private label. Tingkat harga menjadi kontributor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas toko.

This research departs by the phenomenon of a large outspread by the two largest minimarket network in Indonesia, especially in D.I. Yogyakarta. Both of these minimarket networks compete to win the market within this province. One of the strategies used is to create customer loyalty, which is to provide a private label. The purpose of this study is to examine the role of private label on consumer loyalty to the store. This study used survey method by distributing questionnaires as many as 170 respondents in D.I. Yogyakarta who participated in this research. Respondents from this study are aged 18 untill 45 years old and had made purchases in the minimarket network at least twice within the last three months. Structural Equation Modeling (SEM) is used to analyze this research. The study found that price levels and product assortment have a positive influence on the desire to be loyal to private label. In addition, the price level and loyalty to private label have a positive influence on loyalty to retailers. This study also shows that the price level gives more positive influence on loyalty to retailer compared with loyalty to private label. The price level becomes the most influential contributor in improving store loyalty.

Kata Kunci : private label, loyalitas toko, loyalitas peritel, tingkat harga, keragaman produk/ private label, store loyalty, brand loyalty, retailer loyalty, price level, assortment