Laporkan Masalah

HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA

AYU NOVITA DWI A, Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U.

2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik hubungan iklim kelas dengan motivasi belajar. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar yang diukur dengan menggunakan skala motivasi belajar berdasar aspek motivasi belajar menurut McCown, Driscoll dan Roop (1996). Variabel independen dalam penelitian ini adalah iklim kelas yang diukur dengan menggunakan What Happening In This Class (WIHIC) questionnaire oleh Fraser Fisher dan Mc Robbie (1996). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah �terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan iklim kelas�. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 143 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada semester 5. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan iklim kelas, dengan r = 0,450 dan p = 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis dapat diterima. Sumbangan efektif iklim kelas terhadap motivasi belajar sebesar 20,25%.

The purpose of this study was to examine the correlation between classroom climate and learning motivation. Dependent variable in this study was learning motivation which measured used Learning Motivation Scale by McCown, Driscoll and Roop (1996). Independent variable in this study was classroom climate which measured used What Happening In This Class (WIHIC) questionnaire by Fraser, Fisher and Mc Robbie (1996). Hypothesis of this study was �there was positive correlation between classroom climate with learning motivation�. Research method of this study was quantitative. Subject in this study were 143 college students who studied in Faculty of Psychology, Gadjah Mada University. Data analyze method that used was product moment correlation technique from Pearson. Data analyze in this study showed that there was very significant positive correlation between classroom climate and learning motivation, with r = 0,450 and p = 0,000 (p<0,01), so the hypothesis can be accepted. Classroom climate effective contribution to learning motivation is 20,25%.

Kata Kunci : motivasi belajar, iklim kelas

  1. S1-2017-334470-abstract.pdf  
  2. S1-2017-334470-tableofcontent.pdf  
  3. S1-2017-334470-title.pdf