Laporkan Masalah

Pengembangan Model Matematis Prediksi Kesuksesan Restoran Kelas Menengah dan Besar

FADHILA NASTITI, Ir. Subagyo, Ph.D

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Pengembangan produk merupakan salah satu fase yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan produk. Untuk memastikan bahwa produk yang kita rancang akan sukses di pasar pada fase pengembangan produk maka diperlukan sebuah tool yang dapat memprediksi kesuksesan produk. Tool tersebut terdiri dari hubungan antara faktor kesuksesan dengan parameter kesuksesan, yaitu pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun tool berupa model matematis untuk memprediksi kesuksesan restoran kelas menengah dan besar. Dengan adanya penelitian ini, pelaku bisnis kuliner dapat memprediksi kesuksesan bisnis yang mereka rancang dan secara bersamaan juga dapat membantu mencapai target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB sebesar 12% hingga tahun 2019. Pada penelitian ini, objek penelitian yang digunakan adalah 27 restoran yang kemudian diseleksi menjadi 11 restoran kelas menengah dan besar di Kabupaten Sleman. Faktor kesuksesan diperoleh dari studi literatur yang dikelompokkan ke dalam 2 alternatif. Alternatif pertama dikelompokkan menurut jenisnya dan terdiri dari variabel food, atmosfer, service, price, lokasi, dan brand. Alternatif kedua dikelompokkan menurut paper acuan dan terdiri dari variabel product, firm, dan marketplace characteristic. Data dari setiap variabel diperoleh melalui observasi langsung dan penyebaran kuesioner ke konsumen kelas menengah dan besar. Terdapat 8 data restoran kelas menengah dan besar yang digunakan untuk membangun model, sementara 3 data lainnya digunakan untuk validasi. Model prediksi dibangun dengan metode kano. Model matematis terbaik diperoleh dari pengelompokkan menurut jenisnya dengan nilai R2 sebesar 81,7% dan kemampuan prediksi sebesar 89,77%.

Product development is one of the most influental phase of product succes. To ensure that the product we design will be succesfull in the market during the product development phase, a tool that can predict the succes of the product is required. The tool consists of the relationship between success factors and the parameters of success, ie income. This study aims to build a tool in the form of mathematical models to predict the success of middle and high class restaurants. Given this research, culinary entrepreneurs can predict the success of the business they are designing and simultaneously can also help achieve the government's target to increase creative economic contribution to GDP by 12% until 2019. In this study, the object of research are 27 restaurant that will be reduced to 11 middle and high class restaurants in Sleman District. Success factors are derived from literature studies grouped into 2 alternatives. The first alternative is grouped by type and consists of food, atmospheric, service, price, location, and brand variables. The second alternative is grouped according to reference paper and consists of product, firm, and marketplace characteristic variables. Data from each variable was obtained through direct observation and questionnaires distribution to medium and high class consumers. There are 8 middle and high class restaurant data used to build the model, while 3 other data are used for validation. The prediction model was built using Kano Model. The best mathematical model was obtained from grouping by type with R2 value of 81.7% and prediction ability of 89.77%.

Kata Kunci : Kesuksesan Produk, Model Kano, Restoran Kelas Menengah dan Besar

  1. S1-2017-349592-abstract.pdf  
  2. S1-2017-349592-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-349592-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-349592-title.pdf