Laporkan Masalah

EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJAMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) RSUD dr.HARDJONO KAB.PONOROGO DENGAN "UPDATED D&M IS SUCCESS MODEL"

SEPTA MELIANA P, Dr.dr. WAHYUDI ISTIONO, M.Kes

2017 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar belakang: RSUD dr. Hardjono Kab. Ponorogo telah mengimplementasikan SIMRS untuk meningkatkan kinerja rumah sakit khususnya di dalam penyediaan dan pengelolaan data sejak tahun 2011. Pembangunan sistem informasi di rumah sakit bekerjasama dengan pihak ketiga, kontrak kerjasama tersebut berakhir pada akhir tahun 2016. Kerjasama meliputi pemeliharaan sistem setiap bulan. Kendala yang dihadapi selama proses implementasi adalah pengguna sering mengeluhkan data output sistem informasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat SIMRS di RSUD dr. Hardjono Kab. Ponorogo terhadap individu serta organisasi dengan mengukur pengaruh 4 variabel yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan bersifat cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 89 buah, kuisioner yang layak diolah adalah 67 kuisioner sisanya 22 tidak memenuhi persyaratan untuk diolah. Analisa data dilakukan menggunakan metode structure equation model (SEM) dengan aplikasi WarpPLS. Analisa dilakukan dengan 3 tahapan yaitu pengujian outer model, pengujian inner model dan pengujian hipotesis. Hasil: Hasil pengujian outer model didapatkan bahwa indikator pembentuk konstruk telah memenuhi validitas dan reliabilitas data, sedangkan dari pengujian inner model didapatkan model pengujian memenuhi syarat model fit. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai path koefisien dan p-value sebagai dasar pengambilan kesimpulan. Hasil analisa didapatkan hipotesis yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel kualitas informasi. Sedangkan untuk variabel kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Variabel kepuasan pengguna berpengaruh terhadap net benefit berupa dampak organisasi dan dampak individu. Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa tidak semua hipotesis yang diajukan terbukti secara empiris. Sistem informasi terbukti bermanfaat bagi individu maupun organisasi namun demikian kualitas informasi yang dihasilkan masih dirasa tidak sesuai dengan kebutuhan dan kurang meyakinkan bagi pengguna sistem dan tidak berpengaruh bagi kepuasan pengguna

Background : RSUD dr. Hardjono Kab. Ponorogo has implemented SIMRS to improve the performance of hospitals particularly in the provision and management of data since 2011. Hospital Information system development in collaboration with third parties, the contract ends at the end of 2016. The collaboration includes system maintenance every month. The problem faced during implementation process is users often complain about the output data information system that not suit their needs. Purpose: This study aims to determine the benefits of SIMRS in dr. Hardjono Kab. Ponorogo to individuals and organizations by measuring the influence of 4 variables of information quality, system quality, service quality and user satisfaction. Research Method: This research is a quantitative research with survey method and cross-sectional. The number of samples is 89 respondent, feasible questionnaire processed is 67 questionnaires the remaining 22 do not meet the requirements to be processed. Data analysis is performed using structure equation model (SEM) method with WarpPLS application. The analysis is divided into into 3 stages testing, which are an outer model test, inner model test, and hypothesis testing. Result: The result of outer model test shows that construct indicator has fulfilled the validity and reliability of the data, while from inner model test meets qualified fit model. From result of hypothesis testing obtained a value of path of coefficient and p-value as a base of conclusion. Analysis result obtained the hypothesis that does not affect user satisfaction is quality of information variable, meanwhile for a quality of information and service quality variables are influencing to user satisfaction. The variable of user satisfaction affects net benefit in the form of organizational impact and individual impact. Conclusion: In this study not all hypotheses are proved empirically. Information system proven beneficial for individuals and organizations, however, the quality of the resulting information is still deemed not in accordance with the needs and less convincing for system users and no effect on user satisfaction.

Kata Kunci : Evaluasi sistem informasi, SIMRS, Delone & McLean, Net Benefit

  1. S2-2017-388221-abstract.pdf  
  2. S2-2017-388221-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-388221-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-388221-title.pdf