Laporkan Masalah

"TINGKAT LITERASI DAN PEMANFAATAN NEW MEDIA (INTERNET) PADA MASYARAKAT "KAMPOENG CYBER" RT.36 TAMAN, KELURAHAN PATEHAN, YOGYAKARTA

YOUDY L L KAWENGIAN, Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D. ; Subejo, M.Sc., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan

Penelitian ini dilakukan di "Kampoeng Cyber" RT.36 Taman-Patehan, Yogyakarta dengan tujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kemampuan literasi new media (internet), 2) menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kemampuan literasi new media (internet), dan 3) Mengidentifikasi tujuan pemanfaatan new media (internet) pada masyarakat "Kampoeng Cyber" RT.36 Taman-Patehan, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitan survey. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Sampling, selanjutnya penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin maka ditetapkan ukuran (jumlah) sampel sebanyak 63 orang. Metode analisis yang digunakan yakni uji proporsi, analisis regresi linier berganda dan tabualasi silang (cross-tab). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar atau 69.84% warga masyarakat "Kampoeng Cyber" RT.36 Taman-Patehan, Yogyakarta memiliki tingkat literasi new media (internet) yang cukup tinggi yakni pada tingkat medium. Faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat literasi new media (Internet) dalam penelitian ini adalah Pendidikan (dengan koefisien rgresi 0,561), Umur (dengan koefisien regresi -0,262), Kebijakan literasi media (dengan koefisien rgresi 0,342) dan Jenis kelamin (dengan koefisien rgresi 0.287). Selanjutnya, 17.5% warga teridentifikasi memanfaatkan new media (internet) untuk tujuan hiburan, 54.0% untuk tujuan pendidikan, sedangkan 28.5% untuk tujuan pekerjaan.

This study was conducted in "Kampoeng Cyber" (RT 36 Taman Patehan, Yogyakarta). The objectives of this study were: 1) to analyze new media (internet) literacy level; 2) to analyze the factors contributing on new media (internet) literacy; 3) to identify factors triggering of new media (internet) societal application in "Kampoeng Cyber" This study was a survey study using descriptive-quantitative method. There were 63 samples recruited on this study. Samples were collected with stratified sampling method and number of samples were calculated with Slovin formula. The results of this study were analyzed with proportion test, multiple linear regression analysis and cross-tab. The results of this study described that 69.84% of the study respondents in "Kampoeng Cyber" Yogyakarta has medium literate level in new media (internet). The significant contributing factors in new media (internet) literacy in this study were educational level (0.561 regression coefficients); age (-0.262 regression coefficients); media literacy policy (0.342 regression coefficients) and sex (0.287 regression coefficients). In addition, 17.5% of the samples using the new media (internet) for leisure, 54% for education and 28.5% for working.

Kata Kunci : Tingkat literasi, Pemanfaatan new media, kampoeng cyber, Yogyakarta.

  1. S2-2017-354830-abstract.pdf  
  2. S2-2017-354830-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-354830-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-354830-title.pdf