Laporkan Masalah

ANALISIS PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING: KASUS MEDIA PRESSINDO DIVISI PENERBITAN

MONICA AKBAR WIJAYA, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini membahas mengenai penerapan manajemen pengetahuan di PT Media Pressindo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi jenis dan bentuk knowledge yang ada di Media Pressindo, terutama yang memiliki pengaruh pada kemampuan kompetitif perusahaan; (2) mengidentifikasi dan menganalisis penerapan knowledge management pada Media Pressindo; (3) mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh knowledge management terhadap keunggulan bersaing Media Pressindo. Analisis dilakukan secara deskriptif berdasarkan jawaban responden terhadap kuesioner dan uraian penjelasan dari responden wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa PT Media Pressindo memiliki jenis pengetahuan yang hampir sama dimiliki kompetitor yaitu core knowledge dan advance knowledge. Media Pressindo belum menerapkan manajemen pengetahuan secara efektif untuk memaksimalkan kemampuan kompetitif perusahaan. Pengelolaan pengetahuan sebatas penyimpanan informasi secara komputerisasi dalam bentuk database dengan akses terbatas. Media Pressindo belum memiliki pengetahuan yang diterapkan untuk meningkatkan market share dan brand awareness. Keputusan yang tepat dalam menggunakan kekuatan pengetahuan yang dimiliki perusahaan; melakukan perbaikan untuk meminimalisir kelemahan pengetahuan; meningkatkan kesadaran untuk melihat peluang; dan kesiapan dalam menghadapi ancaman, dapat memberikan keunggulan kompetitif berkelanjutan bagi perusahaan.

This research discusses about the implementation of knowledge management at PT Media Pressindo. The purposes of the research are (1) to identify types and forms of knowledge that influence the competitive ability of the company; (2) to identify and analyze the implementation of knowledge management at PT Media Pressindo; (3) to investigate the influence of knowledge management on competitive advantage of PT Media Pressindo. The descriptive analysis is conducted by interpreting and tanslating the result achieved from questionnaire and result obtained from depth-interview. The research reveals that PT Media Pressindo has core knowledge and advance knowledge, similarly with competitor companies. PT Media Pressindo has not effectively-implemented knowledge management to maximize the companys competitive ability yet. Management of knowledge is limited to computerize information storage in the form of a database with restricted access. PT Media Pressindo does not has knowledge that is applied to increase market share and brans awareness. The right decision in using the power of knowledge of the company; make improvements to minimize the weakness of knowledge; raise awareness to spot opportunities; and preparedness in the face of threats, can provide a sustainable competitive advantage for the company.

Kata Kunci : Manajemen Pengetahuan, Jenis Pengetahuan, PT Media Pressindo, Keunggulan Kompetitif/ Knowledge Management, Types of Knowledge, PT Media Pressindo, Competitive Advantage

  1. S2-2017-360462-abstract.pdf  
  2. S2-2017-360462-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-360462-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-360462-title.pdf