Laporkan Masalah

ANALISIS HASIL PERHITUNGAN CUSTOMER LIFETIME VALUE UNTUK MENGUATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN MEMAKSIMALKAN PROFITABILITAS PELANGGAN (STUDI KASUS di CV GUNAWITA MANDIRI)

M DIFTA SADLI, HARDO BASUKI, Dr., M.Soc., CSA., CA

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

Pada zaman globalisasi saat ini peningkatan persaingan dari semua aspek industri cukup signifikan, tidak terkecuali perusahaan yang bergerak di industri penyedia atau penyalur produk (distributor) komponen kendaraan bermotor. Pembentukan distributor wilayah memang menyelesaikan permasalahan pemasaran dan pengembangan pasar perusahaan yang memproduksi komponen kendaraan bermotor namun berakibat pada peningkatan persaingan di level distributor. Termasuk pada CV Gunawita Mandiri yang berkedudukan di Yogyakarta juga harus bersaing dengan para kompetitor, sehingga perusahaan di rasa perlu menerapkan sebuah sistem yang berhubungan dengan pelanggan. Sistem manajemen hubungan dengan pelanggan atau Customer Relation Management (CRM), agar lebih maksimal penggunaan metrik dari CRM yakni customer lifetime value (CLV) dapat membantu perusahaan dalam menilai dan mengelola sumberdaya secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan CV Gunawita Mandiri sebagai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem CRM yang diterapkan objek penelitian belum maksimal dan masih hal sederhana, sedangkan hasil perhitungan CLV menunjukan bahwa nilai setiap pelanggan cukup baik tapi belum maksimal. hasil tersebut dapat membantu pihak manajemen perusahaan dalam menentukan strategi yang tepat dalam upaya mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru, sehingga dapat dimaksimalkan profitabilitas setiap pelanggannya. Selain itu, perusahaan harus menerapakan beberapa program untuk pelanggannya agar kedekatan pelanggan dengan perusahaan menjadi lebih baik.

In the days of globalisation now the increased competition of all aspects industry significant, is no exception company that moves in the providers or channeling the product (distributor) components motor vehicle. The formation of distributor areas is solving problems marketing and market development company that produces components motor vehicle but led to the increased competition at the level of distributor. Including in CV. Gunawita Mandiri which is based in the Yogyakarta should have competition with the competitors, as the company in taste need to apply a system that deals with customers. management system relationship with their customers or customer relation management (CRM), to be more maximum the use of metric of CRM the Customer Lifetime Value (CLV) can help to company in judging and manage resources exactly. This research in a qualitative approach case study and use CV. Gunawita Mandiri as an object of research. The result of this research showed that system CRM applied object research not maximum and still simple things. While the calculation on CLV showed that the score for each customers is a better but it is not maximum. The result of the CLV value can help the management company in determining strategy right in the effort to maintain the customers and finding new customers, so that it can be maximised profitability every customer. In addition, companies should be several programs to customers that proximity customers with company for the better.

Kata Kunci : Distributor, Customer Relationship Management (CRM), Customer Lifetime Value (CLV), Pengambilan Keputusan

  1. S2-2017-387028-bibliography.pdf  
  2. S2-2017-387028-tableofcontent.pdf  
  3. S2-2017-387028-title.pdf