Laporkan Masalah

ANALISIS INTERNAL DALAM PENERAPAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN DI SEGMEN PEMBIAYAAN KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI AREA YOGYAKARTA)

M. ARIF GUNAWAN, Dr.Rangga Almahendra, S.T.,M.M.,

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber daya dan kemampuan internal yang berpotensi menghasilkan keunggulan bersaing berkelanjutan PT Bank Syariah Mandiri Area Yogyakarta dalam penyaluran pembiayaan segmen kecil dan menengah di wilayah kerja perusahaan dengan menggunakan perspektif sumber daya. Sumber daya dan kemampuan yang ada di perusahaan diidentifikasi sebagai sumber keunggulan bersaing, dan kompetensi inti untuk menyediakan akses pasar baru. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dan data yang digunakan adalah gabungan dari data primer dan sekunder. Data primer didapat dari wawancara dengan narasumber (expert group) dan data sekunder didapat dari studi kepustakaan serta data publikasi Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, laporan-laporan tahunan dan keuangan internal perusahaan. Hasil penelitian dengan menggunakan kerangka VRIO diperoleh sumber daya dan kemampuan yang merupakan sumber keunggulan bersaing berkelanjutan dari perusahaan berupa reputasi perusahaan, implementasi GCG dan jumlah outlet BSM beserta kemampuan penyebaran lokasinya di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari sumber daya dan kemampuan tersebut yang memenuhi kriteria sebagai kompetensi inti adalah reputasi perusahaan dan jumlah outlet beserta karakter kemampuan penyebaran lokasinya yang memberi manfaat penyediaan akses menuju pasar baru

This purpose of the research is to analyze the internal resources and capabilities that could potentially generate sustainable competitive advantage PT Bank Syariah Mandiri Area Yogyakarta in small and medium financing segment, using resource based view. Resources and capabilities that exist in the company identified as the source of competitive advantage and core competencies to provide access to new markets. The study was conducted with descriptive quantitative methods and data used are a combination of primary and secondary data. The primary data obtained from interviews with expert group and secondary data obtained from the study of literature, publication data of Bank Indonesia, Financial Services Authority, annual and internal financial reports. The results using the VRIO framework show the resources and capabilities that are a source of sustainable competitive advantage of the company is reputation, good corporate governance and the number of outlets BSM with their location in DIY. The resources and capabilities are categorized as core competence is the reputation and the number of outlets BSM with their location in DIY that benefit the provision of access to new markets

Kata Kunci : PT Bank Syariah Mandiri Area Yogyakarta, Pembiayaan Segmen Kecil dan Menengah, Perspektif Sumberdaya, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, Kerangka VRIO dan Kompetensi Inti

  1. S2-2017-360446-abstract.pdf  
  2. S2-2017-360446-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-360446-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-360446-title.pdf