Laporkan Masalah

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KORPORAT DENGAN UNIT BISNIS MENGGUNAKAN METODE PARENTING FIT MATRIX: STUDI PADA XYZ GROUP

LEO MAULANA ARDY, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Strategi diversifikasi merupakan strategi yang paling banyak dipilih perusahaan untuk mewujudkan keberlangsungan dan pengembangan usaha dalam membangun nilai para pemangku kepentingan. Strategi diversifikasi dapat dikatakan efektif apabila sekelompok usaha yang diversifikasi mempunyai kinerja lebih baik di bawah naungan sebuah perusahaan induk daripada jika berdiri sendiri secara independen. Hasil kajian riset bisnis Campbell et al. (1995) mengemukakan kebanyakan kepala eksekutif gagal dalam menjawab dua pertanyaan kritis, seperti bisnis atau portofolio apa yang perusahaan harus miliki sendiri, dan bagaimana portofolio tersebut dapat membangun kinerja yang unggul bagi perusahaan secara keseluruhan. Metode parenting fit matrix yang diperkenalkan Campbell et al. (1995) diyakini dapat digunakan sebagai kerangka dalam pengembangan strategi tingkat korporasi berdasarkan pada tingkat kesesuaian antara korporat dan unit bisnis. Melalui analisa komprehensif, metode parenting fit matrix dapat menunjukkan posisi unit bisnis terhadap perusahaan induk, di mana terbagi ke dalam lima kuadran, yaitu heartland, edge-of-heartland, ballast, alien-territory, dan value-trap. Penelitian ini merupakan studi pada XYZ Group dengan menggunakan empat unit bisnis sebagai objek penelitian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai hubungan antara korporat dan unit bisnis XYZ Group. Sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen XYZ Group dalam mengelola portofolio unit bisnis yang saling bersinergi dan dapat menciptakan nilai. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua kuadran di mana posisi unit bisnis XYZ Group berada, yaitu heartland dan edge-of-heartland. Unit bisnis yang berada di dalam kuadran heartland business dapat dikukuhkan sebagai pilar bisnis utama XYZ Group. Namun, posisi unit bisnis yang berada di dalam kuadran edge-of-heartland perlu mendapat perhatian khusus, karena hal ini berpotensi baik penciptaan nilai ataupun penghancuran nilai. Dengan adanya beberapa tindakan perbaikan, diharapkan perusahaan induk dapat memberikan nilai bagi unit bisnis yang dinaunginya. Sehingga tercipta kinerja yang unggul bagi perusahaan secara keseluruhan.

Diversification strategy is a most preferred strategy for companies to realize sustainability and business development in building stakeholder value. Diversification strategy can be said to be effective when a diversified business has a better performance in the shade of a parent company than it would as a stand-alone, independent company. Business research study results by Campbell et al. (1995) stated most chief executives failed to answer two critical questions, such as what businesses or portfolio should this company own, and how they can foster a superior performance for the company as a whole. Parenting fit matrix introduced Campbell et al. (1995) is believed to be used as a framework for developing corporate-level strategy is based on assessing the nature of the fit between the parent company and its businesses. Through comprehensive analysis, parenting fit matrix may indicate the position of the business unit to parent company, which is divided into five quadrants, i.e. heartland, edge-of-heartland, ballast, alien territory, and value-trap. This research is a study on the XYZ Group with four business units as research objects. In this study, the authors used a qualitative research method with case study approach. This study aims to provide empirical evidence about the relationship between parent company and its business units. The results of this study are expected to assist management of XYZ Group in managing its business units in synergy to create value. Research results showed two quadrants where XYZ Group business unit positions are, which is the heartland and edge-of-heartland. Business units that were in the heartland quadrant can be affirmed as a main business pillar of XYZ Group. However, the position of business units that were in the edge-of-heartland quadrant needs special attention, because it has a potency to value creation or value destruction. By several corrective actions, the parent company is expected to provide value to its business units. So they can foster superior performance for the company as a whole.

Kata Kunci : corporate parenting, diversifikasi, parenting advantage, parenting fit matrix