Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. BPR UNIVERSITAS GADJAH MADA

FARAH HAIRIA MAJIDI, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., M.B.A., CMA

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian yang berjudul Analisis Strategi Bersaing PT. BPR Universitas Gadjah Mada ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan, mengevaluasi strategi yang diterapkan, dan menentukan strategi alternatif bagi PT. BPR Universitas Gadjah Mada agar dapat menghadapi persaingan di industri perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui proses wawancara dengan pihak manajemen tingkat atas PT. BPR Universitas Gadjah Mada, sedangkan data sekunder diperoleh dari data publikasi dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Majalah Infobank. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan dua jenis analisis, yaitu analisis lingkungan eskternal yang menggunakan analisis karakteristik industri, analisis Porters Five Forces, analisis Industrys Driving Forces, dan analisis Key Success Factors, sedangkan analisis lingkungan internal dilakukan berdasarkan sumber daya perusahaan baik sumber daya tangible maupun intangible dan berdasarkan kapabilitas fungsional yang meliputi fungsi aspek pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia dan operasional yang selanjutnya dievaluasi melalui analisis SWOT sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran bagi manajemen PT. BPR Universitas Gadjah Mada mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kekuatan dan peluang lebih memberikan prospek untuk bersaing di industri perbankan dibandingkan dengan aspek kelemahan dan ancaman pada PT. BPR Universitas Gadjah Mada, tetapi perusahaan perlu untuk memperbaiki kelemahan serta memperkuat strategi perusahaan terhadap ancaman dari pesaing yang terjadi ke depannya.

This study entitled Analysis of Competitive Strategy of PT. BPR Universitas Gadjah Mada is aimed to analyze strengths and weaknesses factors of PT. BPR Universitas Gadjah Mada in facing competition in the banking industry, evaluate the strategy, and determine alternative strategies. This study use primary and secondary data, in which primary data is generated from interviews with the top management of PT. BPR Universitas Gadjah Mada, while secondary data is generated from data published by Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, and Majalah Infobank. In this study, researchers conducted two types of analysis, the analysis of external environment that include analysis of industry characteristics, analysis of Porters Five Forces, analysis of Industrys Driving Forces, and analysis Key Success Factors, while the analysis of internal environment determined with resources and functional capability that includes the functionality aspects of marketing, finance, and human resources and operations that evaluated through the SWOT analysis is expected to provide an overview for the management of PT. BPR Universitas Gadjah Mada on strengths, weaknesses, opportunities, and threats for the company. The results showed that the aspects of strengths and opportunities to compete have more prospects in the banking industry rather than the aspects of weaknesses and threats of PT. BPR Universitas Gadjah Mada, but company need to improve the weaknesses and strengthen the companys strategy against threats from competitors that occur in the future.

Kata Kunci : Analisis karakteristik industri, analisis Porters Five Forces, analisis Industry�s Driving Forces, analisis Key Success Factors, analisis SWOT, analisis sumber daya, dan analisis kapabilitas fungsio