Laporkan Masalah

INTERAKTIVITAS USER DALAM KAMPANYE SOSIAL DI WEBSITE (Studi Interaktivitas User Dalam Kampanye Sosial Project Sunlight #Brightfuture Unilever Indonesia di Website)

ARUMSARI SUNARING PUTRI, Rahayu, SIP., M.Si., MA.

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Perkembangan teknologi membuat manusia semakin mudah mendapatkan informasi yang diinginkan, beriringan dengan hal tersebut tumbuhlah sebuah era baru, yaitu era media baru (new media), salah satunya adalah pertumbuhan tekonologi media yang berbasis internet. Perkembangan media baru itupun kemudian dimanfaatkan oleh media-media konvensional untuk mendukung kegiatannya. Berangkat dari permasalahan tersebut, munculah salah satu gerakan kampanye sosial yang menggunakan media sosial sebagai media baru untuk berinteraksi serta membentuk komunikasi adalah Project Sunlight #Brightfuture. Selain itu, Brightfuture juga salah satu gerakan kampanye sosial yang secara aktif menggunakan berbagai media baru tersebut untuk setiap perkembangannya. Dalam penggunaan media baru ini Project Sunlight #BrightFuture berfokus pada website sebagai media utama. Mendengar kata media baru tentunya tidak luput dari interaktivitas. Berdasarkan proses analisis yang dilakukan, diketahui bahwa interaktivitas antara pengguna dengan sistem cenderung berlangsung satu arah. Pengunjung bebas dalam menentukan halaman mana yang dapat digunakan untuk berinteraksi. Pengunjung bereaksi terhadap pesan-pesan yang diposting oleh admin melalui Hyperlink/link dan fitur-fitur dalam fanspage facebook Project Sunlight #Brightfuture lainnya. Fitur-fitur tersebut seperti wall, timeline, comment, like ataupun link-link yang tersedia lainnya. Interaktivitas antar orang-orang terjadi antara pengunjung dengan pengunjung lain serta pengunjung dengan admin. Komunikasi dalam kategori ini berlangsung dua arah. Secara keseluruhan interaktivitas ini menampilkan bagaimana respon dari masing-masing orang yang berpartisipasi dalam komunikasi yang terbangun pada media sosial fanspage facebook Project Sunlight #Brightfuture. Respon-respon tersebut berupa komentar atau jawaban pengunjung terhadap pesan-pesan yang dilontarkan oleh admin media sosial Project Sunlight #Brightfuture ataupun oleh pengunjung lainnya. Respon yang tercipta cukup beragam, baik itu reaktif ataupun full interaktif. Pengguna saling merespon dan bereaksi dengan menggunakan teknik interpersonal dengan bahasa yang lebih komunikatif memakai kalimat sapaan dan ditambah dengan penggunaan bahasa-bahasa yang ringan.

Technology developments make peoples more easily obtain the desired information, in accordance with it grows a new era, the era of new media, which one is the growth of Internet-based media. The development of new media later is utilized by conventional media to support its activities. Start from these, Project Sunlight #Brightfuture use social media as new media to interact and form communication. Moreover, Brightfuture also one of active social campaign that use new media for its development. In the use of new media, Project Sunlight #BrightFuture focused on website as the main media. Hearing the words of new media surely not far from interactivity. Based on analysis that has been done, known that interactivity between users and system tend as one way interactivity. Users are freely to choose which page that can be used to interact. Users interact towards messages that posted by admin through Hyperlink/link and features in Project Sunlight #Brightfuture facebook fanspage. Those features as wall, timeline, comment, like or links that available. Interactivity between peoples occurs between visitors also between admin and visitors. This kind of Communication category is happen in two ways. Overall interactivity showing how the response from each person who participated in the communication that is built on social media Project Sunlight #Brightfuture facebook fanspage. Responses in the form of comments or answer from visitors to the messages that were raised by admin of Project Sunlight #Brightfuture social media or by other visitors. Response that showed is quite diverse, either reactive or full interactive. Users respond and react with each other using interpersonal techniques with a more communicative language use the phrase greeting and added with the use of daily languages.

Kata Kunci : media baru, kampanye sosial, interaktivitas

  1. S1-2017-280803-abstract.pdf  
  2. S1-2017-280803-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-280803-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-280803-title.pdf