Laporkan Masalah

PERAMALAN PERMINTAAN DAN POLA SEASONALITY TAMU MENGINAP HOTEL WISATAWAN ASING DAN DOMESTIK: APLIKASI PADA HOTEL DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

HOSI PRAKOSA, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D

2017 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Permintaan tamu wisatawan hotel di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dipengaruhi oleh efek seasonality. Efek musiman menjadi permasalahan dalam melakukan peramalan permintaan tamu wisatawan hotel. Salah satu metode untuk meramalkan permintaan tamu wisatawan hotel dengan efek seasonality adalah dengan menggunakan metode SARIMA (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan peramalan permintaan pada tamu wisatawan hotel di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tamu wisatawan hotel di Provinsi DIY dibagi menjadi dua karakteristik, yaitu wisatawan asing dan domestik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik pada tamu wisatawan asing adalah SARIMA (0,1,1)(2,1,0)12, sedangkan model terbaik pada wisatawan domestik adalah SARIMA (0,1,2)(2,1,0)12. Hasil peramalan permintaan tamu wisatawan hotel tahun 2016 menunjukkan bahwa pada wisatawan asing mengalami penurunan permintaan, sedangkan pada wisatawan domestik mengalami kenaikan permintaan. Pola permintaan tamu wisatawan menunjukkan bahwa wisatawan asing memiliki pola one-peak dengan kategori natural seasonality, sedangkan wisatawan domestik memiliki pola two-peak dengan kategori institutional seasonality.

Hotel guests demand in Special Region of Yogyakarta influenced by seasonality effect. Seasonality effect became a problem to do forecast hotel guest demand. One of the methods to forecasting hotel guests demand with seasonality effect is using SARIMA (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average) method. This research is forecasting hotel guests demand in Special Region of Yogyakarta. Guests hotel in Special Region of Yogyakarta divided in two characteristics; foreign tourist and domestic tourist. The research found that the best model to forecasting for foreign tourist is using SARIMA(0,1,1)(2,1,0)12, and for the domestic tourist is using SARIMA(0,1,2)(2,1,0)12. The result of guests hotel forecasting in 2016 shown that for foreign tourist decrease in demand, therefore for domestic raise in demand. Guest demand pattern of foreign tourist shown that they are have one-peak pattern with natural seasonality category, therefore domestic tourist have two-peak pattern with institutional category.

Kata Kunci : seasonality, wisatawan, hotel, SARIMA

  1. S1-2017-335953-abstract.pdf  
  2. S1-2017-335953-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-335953-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-335953-title.pdf