Laporkan Masalah

PENGARUH INFORMASI KOMPENSASI DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP KETERTARIKAN JOB SEEKERS PADA PERUSAHAAN DENGAN PENALARAN MORAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

RESA MASELA K, Putri Paramita Agritansia, M.Acc., CSRS.

2017 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan aspek penting bagi perusahaan, sebab SDM mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam menarik job seekers (pencari kerja) berkualitas, maka semakin besar peluang perusahaan untuk merekrut SDM dengan kualitas terbaik. Untuk itu, perusahaan harus mengetahui faktor apa saja yang dapat memikat pencari kerja berkualitas. Dua faktor yang mempengaruhi ketertarikan pencari kerja pada perusahaan antara lain kompensasi yang ditawarkan oleh perusahaan dan reputasi perusahaan terkait aktivitas CSR yang dilakukan. Aktivitas CSR dikomunikasikan kepada pihak eksternal melalui pengungkapan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi terkait kompensasi yang ditawarkan perusahaan kepada karyawannya dan pengungkapan CSR terhadap ketertarikan pencari kerja pada perusahaan, serta efek interaksi di antara kedua faktor tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lab experiment between subject (2x2). Untuk menguji pengaruh tersebut, dilakukan uji Analysis of Variance (ANOVA). Selain itu, penelitian ini menguji peran penalaran moral dalam memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap ketertarikan pencari kerja pada perusahaan yang dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari kedua faktor yang diuji, hanya pengungkapan CSR saja yang secara signifikan mempengaruhi ketertarikan pencari kerja pada perusahaan, dan tidak terjadi efek interaksi di antara kedua faktor tersebut. Sementara itu, peran penalaran moral individu dalam memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap ketertarikan pencari kerja pada perusahaan belum dapat dibuktikan secara empiris.

The quality of human resources is an important aspect for a company because it contributes to the company's success. The higher the company's ability to attract high-quality job seekers, the higher the company's opportunity to hire high-quality human resources. Therefore, it is important for companies to know what factors influence job seekers' attraction to a company. Two of the factors are: the compensation offered by the company and the company's reputation related to undertaken CSR activities. CSR disclosure is a media used by companies to communicate their CSR activities. This research is aimed to examine the influence of information given by the company about compensation offered to its employees and CSR disclosure on job seekers' attraction to a company, and the interaction effect between the two factors. This research employs between subject (2x2) experimental design. To examine the influence, this research uses ANOVA. This research also employs Moderated Regression Analysis (MRA) to examine the role of moral reasoning in moderating the influence of CSR disclosure on job seekers' attraction to a company. The ANOVA test result shows that out of the two factors examined, only CSR disclosure significantly influences job seekers' attraction, and there is no interaction effect between the two factors. Meanwhile, the MRA test shows that there is no empirical evidence supporting that moral reasoning moderates the influence of CSR disclosure on job seekers' attraction to a company. Keywords: the quality of human resources, corporate social responsibility, company attractiveness, moral reasoning

Kata Kunci : kualitas sumber daya manusia, tanggung jawab sosial perusahaan, daya tarik perusahaan, penalaran moral

  1. S1-2017-349658-abstract.pdf  
  2. S1-2017-349658-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-349658-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-349658-title.pdf