Laporkan Masalah

Pengkomunikasian Program CSR di Cyber Media (Analisis Isi Kualitas Informasi Pelaporan Corporate Social Responsibility PT Freeport Indonesia Bidang Sosial Melalui Kanal "Media-CSR" pada Official Website www.ptfi.co.id)

HARRY CAHYONO, Mufti Nurlatifah, S.I.P., M.A.

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya kegiatan komunikasi CSR yang dijalankan oleh perusahaan pertambangan di Indonesia, yakni PT Freeport Indonesia. Komunikasi CSR tersebut merupakan langkah untuk mewujudkan keterbukaan kepada stakeholders atas aktivitas CSR yang akan atau telah dijalankan oleh perusahaan. Pelaksanaan komunikasi CSR PT Freeport Indonesia ini telah dilakukan salah satunya melalui official website perusahaan, yakni www.ptfi.co.id. Fokus pada penelitian ini adalah melihat tampilan informasi CSR dalam website serta meninjau kualitas atas informasi CSR, khususnya informasi sosial yang ditampilkan dalam website tersebut. Oleh karenanya, penelitian ini akan merujuk pada analisis isi kuantitatif dengan menggunakan coding sheet. Analisis ini juga akan berpedoman pada indikator yang dikemukakan dalam teori Capriotti dan Morena serta Global Reporting Initiative dikolaborasikan dengan teori Habek & Wolniak. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan informasi CSR telah ditampilkan oleh PT Freeport Indonesia dalam website. Informasi CSR tersebut mengarah pada 10 isu CSR yang dikemukakan oleh Capriotti & Morena. Sedangkan pada kualitas informasi sosial CSR, PT Freeport Indonesia masih belum secara maksimal menampilkan informasi yang seimbang, komparabilitas, dan kejelasan.

The background of this study is the existence of the CSR communication activities run by the mining company in Indonesia, PT Freeport Indonesia. That CSR communication became one of the company actions in doing transparency about its CSR activities to stakeholders. The implementation of the CSR communication has been done by PT Freeport Indonesia, and one of them is through the official website of the company, www.ptfi.co.id. The focus of this research is to examine the CSR information on their website and reviewing review the quality of the information on CSR, particularly the social information displayed on the website. Therefore, this study will refer to the quantitative content analysis using a coding sheet. This analysis is also guided by the indicators presented in the Capriotti and Morena theory and the Global Reporting Initiative collaborated with the Habek & Wolniak theory. Thus, the results show that all of the CSR information has been displayed by PT Freeport Indonesia on their website. The CSR information leads to the 10 CSR issues raised by Capriotti & Morena. While in the quality of CSR social information, PT Freeport Indonesia is still not optimally displaying balanced, comparable, and clear information.

Kata Kunci : Information Quality, Corporate Social Responsibility, Official website, content analysis, and the Global Reporting Initiative.

  1. S1-2017-345979-abstract.pdf  
  2. S1-2017-345979-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-345979-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-345979-title.pdf