Laporkan Masalah

Penyusunan Alat Ukur untuk Penentuan Indeks Usabilitas dari Mesin Pencari

YOGIARTA BAGUS OKTAVIAN, Medi,Drs.,M.Kom

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Internet memiliki banyak fungsi kegunaan, salah satu contohnya ialah search engine yang sangat berkembang pesat saat ini. Faktor yang mempengaruhi banyaknya pengguna pada search engine adalah usabilitas search engine itu sendiri karena besarnya tingkat usabilitas pada suatu search engine dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna, sehingga pengguna tetap setia menggunakan search engine tersebut. Kemampuan suatu search engine dapat diukur dengan suatu nilai standar dengan membuat indeks usabilitas search engine. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut dan kriteria yang menjadi faktor usabilitas search engine, menentukan bobot setiap dimensi usabilitas search engine, dan membuat indeks usabilitas search engine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian Cochran dalam penentuan atribut penting, pembobotan dimensi, atribut, dan kriteria usabilitas diukur dengan metode Analytical Hierarchy Process, normalisasi ukuran menggunakan Objective Matrix untuk menyetarakan beberapa ukuran kriteria dengan satuan yang berbeda. Data diperoleh dari pengukuran nilai kuantitatif dan kualitatif. Pengukuran nilai kuantitatif dilakukan oleh peneliti, sedangkan pengukuran nilai kualitatif dilakukan dengan skala persepsi responden. Hasil dari penelitian ini Google merupakan search engine terbaik dengan indeks usabilitas total sebesar 4,712. Urutan kedua yaitu Yahoo dengan indeks usabilitas total sebesar 3,712. Urutan ketiga yaitu DuckDuckGo dengan indeks usabilitas total 3,342. Kemudian disusul oleh Bing pada urutan ke empat dengan indeks usabilitas total 3,100. Dan urutan kelima diduduki oleh Ask dengan indeks usabilitas total 3,078. Berdasarkan hasil tersebut search engine Google-lah yang sangat usable dan nyaman digunakan bagi pengguna.

The Internet has many functions of usability, one example is the search engine a very rapidly growing at this time. Factors that affect the number of users on the search engines is the usability of the search engine itself because of the magnitude of the level of usability at a search engine can provide comfort for users, so that users remain faithful to use search engine. The ability of a search engine can be measured with a default value with the index search engine usability. The purpose of this study was to determine the attributes and criteria into the search engine factors, determine the usability of the weighting of each dimension of the usability of search engines, and make the index search engine usability. The methods used in this study is testing the Cochran in the determination of important attributes, weighting of dimensions, attributes, and criteriafor usability is measured by the method of Analytical Hierarchy Process, normalization of the size using Objective Matrix to equate some of the size criteria with different units. Data obtained from the measurement of the quantitative and qualitative value. Measurement of the quantitative values done by researchers, whereas the qualitative value of the measurement is performed with the scale of the perception of the respondent. The results of this research Google is the best search engine with an index of usability total of 4.712. Second-order i.e. Yahoo with an index of usability total of 3.712. The third sequence i.e. DuckDuckGo with index usability total 3.342. Then followed by Bing on the fourth sequence with index usability total 3.100. And the fifth was occupied by Ask the index usability total 3.078. Based on the results of the search engine Google is a very usable and convenient to use for the user.

Kata Kunci : search engine, usability, Cochran test, Analytical Hierarchy Process, Objective Matrix

  1. S1-2017-331598-abstract.pdf  
  2. S1-2017-331598-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-331598-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-331598-title.pdf