Laporkan Masalah

Peran Atribut Toko Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Toko Perlengkapan Bayi Dan Anak

Sri Wahyuni Wildah, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atribut toko yang terdiri dari atribut produk, atribut kualitas layanan dan atribut lingkungan toko berpengaruh terhadap respon emosi positif konsumen yang selanjutnya, respon emosi positif konsumen tersebut menghasilkan perilaku belanja yang impulsif para ibu muda yang dalam hal ini menjadi sampel penelitian. Metode pengambilan sampel penelitian adalah dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel akhir sebanyak 162 responden. Adapun kriteria responden yang ditetapkan adalah ibu muda yang memiliki anak yang berusia di bawah lima tahun (balita) dan melakukan pembelian di toko perlengkapan bayi dan anak yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam tiga bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa diantara tiga variabel yang terdapat dalam atribut toko, hanya atribut kualitas layanan dan atribut lingkungan toko saja berpengaruh positif terhadap respon emosi positif konsumen, sedangkan atribut produk tidak berpengaruh positif terhadap respon emosi positif konsumen. Selanjutnya ditemukan pula bahwa respon emosi positif konsumen berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif.

The purpose of this study is to determine wether the store attributes consisting of product related attributes, service quality related attributes, and store related attributes influenced on consumer positive emotional response, and then consumer positive emotional response resulte impulsive buying behavior of young mothers as samples. The sampling method using purposive sampling with final samples of 162 respondents. The spesific criteria respondents are young mothers who have children under five years old (toddlers) and make purchases in store supplies infants and children who are in the Special Region of Yogyakarta (DIY) in the last three months. The analysis technique using is multiple linear regression and simple linear regression. Based on the result of this study found that among three variabels contained in the store attributes, only the service quality related attributes and store related attributes have positive influece on consumer positive emotional response, while product related attributes have not positif effect on consumer positive emotional response. Furthermore, also found that a consumer positive emotional response have positive effect on impulsive buying behavior.

Kata Kunci : Atribut Toko, Atribut Produk, Atribut Kualitas Layanan, Atribut Lingkungan Toko, Respon Emosi Positif konsumen, Perilaku Pembelian Impusif. / Store Attributes, Product Related Attributes, Service Quality Related Attributes, Store Related Attributes, Consu