Laporkan Masalah

Analisis Desain Antrian Penumpang Keberangkatan di Terminal A Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta

LUNDA IRA INNAYAH, Kusdhianto Setiawan, Sivilekonom., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Bandar udara merupakan sebuah sistem yang kompleks. Bandar udara diharuskan untuk memberikan pelayanan sesuai kepentingan penerbangan. Namun, disisi lain juga dituntut agar mampu memuaskan penumpang selaku pengguna jasa kebandarudaraan. Keberadaan fasilitas bandar udara yang terbatas dalam melayani penumpang menimbulkan antrian pada sejumlah tahapan proses keberangkatan. Analisis model dilakukan setelah mengamati output model simulasi dan mempertimbangkan bagaimana sistem nyata berjalan. Analisis terhadap waktu tunggu dan jumlah penumpang dalam antrian pada tahapan yang menjadi penyebab utama kemacetan. Skenario-skenario perbaikan dikelompokkan dalam tiga alternatif terkait penggunaan konter check-in dan saluran pemeriksaan keamanan. Konsep antrian dan simulasi model diharapkan dapat membantu mencari skenario alternatif dalam meminimasi waktu tunggu dan mengurai kepadatan penumpang keberangkatan di Terminal A Keberangkatan Domestik Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta. Simulasi model membantu mencari alternatif what-if untuk diterapkan pada sistem nyata. Tingkat layanan yang baik perlu diatur karena menjadi gambaran desain ruang yang diperlukan untuk antrian dan tunggu penumpang. Penggunaan model simulasi dapat membantu memberikan pertimbangan terkait pengambilan strategi keputusan operasional, terutama terkait desain desain proses dan kapasitas.

The airport is a complex system. The airport is required to provide services according to the aviation requirement. On the other hand, it is also required to be able to satisfy the passengers as the users of airport services. The availability of airport facilities that is limited to serve airport passenger causing queues on processing departure passengers. Analysis carried out after observing the output models of simulation models and considering how the real system running. Focus analysis is on the waiting time and the number of passengers in the queue at the departure process that the main cause of congestion. The scenarios are grouped in three alternative improvement related to the use of check-in counters and security checkpoints. The aim of the research is to find alternative scenarios to minimize waiting time and lessen the crowd of departure passengers in Terminal A Yogyakarta Adisutjipto Airport. Model simulation helps quest "what-if" alternatives to be applied in the real system. Good level of service needs to be regulated because it becomes necessary to overview the space design for departure passengers to queue and wait. The use of model simulations can help provide relevant consideration on the operational decision-making strategies, mainly related to the process and capacity design.

Kata Kunci : terminal bandar udara, pemrosesan, antrian, model simulasi