Laporkan Masalah

ANTECEDENTS OF PURCHASE INTENTION TOWARDS SOCIAL ENTERPRISE PRODUCT IN ONLINE SHOPPING

MAHWIDA NUR F., Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Social enterprise muncul sebagai jawaban untuk memenuhi dampak sosial dari bisnis yang berorientasi keuntungan dan keberlanjutan pendanaan untuk organisasi nirlaba. Namun, perusahaan jenis ini masih menghadapi kendala pemasaran dalam bersaing dengan usaha berorientasi keuntungan pada umumnya. Anggaran yang terbatas untuk beroperasi membuat toko daring merupakan salah satu pilihan untuk berjualan dan mendapatkan keuntungan. Social enterprise dan belanja daring sendiri masih merupakan hal baru di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian mengenai anteseden produk social enterprise dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menguji model uraian teori perilaku terencana dengan 252 sampel responden. Hasil temuan menunjukkan bahwa semua variabel bebas dan mediator dari uraian teori perilaku terencana memengaruhi secara positif minat beli dan dapat digunakan untuk memahami minat beli untuk produk social enterprise di belanja daring. Sebagian besar dari mereka telah memiliki pengalaman dalam mengoperasikan internet lebih dari enam tahun dan terlibat dalam aktivitas belanja daring yang mendukung mereka untuk memberikan keyakinan yang positif mengenai persepsi akan kegunaan, kemudahan, dan kepercayaan diri dalam membeli produk social enterprise secara daring. Namun demikian, mereka masih belum yakin untuk membeli produk social enterprise secara daring dikarenakan ketidakyakinan mereka tentang pendapat orang-orang terdekatnya mengenai perilaku tersebut dan ketidakyakinan mereka akan kesesuaian membeli produk social enterprise secara daring akan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupnya. Hasil dari penelitian berkontribusi dalam memahami keyakinan konsumen terhadap minat beli produk social enterprise di belanja daring.

Social enterprises emerge as an answer to fulfill societal impact of profit oriented business and fund for not-for-profit organization sustainably. However, it faces marketing problem to gain profit when competing with other profit oriented business. Limited budget to operate makes online shop as one of the option to trade and gain profit. Nevertheless, social enterprise and online shop are still new for Indonesian market. Therefore, the research is aimed to understand the antecedents of social enterprise product in online. This research employs quantitative method to assess the model of decomposed theory of planned behavior from 252 sample of respondents. The result shows that all of the independent and mediating variables positively affect purchase intention. Most of the respondents are experienced in operating internet and involved in online shopping activities which also in line with their positive belief of perceived usefulness, perceived ease of use and self-efficacy to purchase social enterprise product online. They are also highly supported with equipment, time and money to purchase social enterprise product online. However, they are still not sure to purchase social enterprise product online due to the neutrality of their social pressure and the compatibility of purchasing social enterprise product online to their lifestyle and needs. The research result contributes to understand consumers�¢ï¿½ï¿½ belief towards purchase intention for social enterprise product in online shopping.

Kata Kunci : Social enterprise, decomposed theory of planned behavior, purchase intention, mediating variable, online shopping.