Laporkan Masalah

PENGALAMAN BELANJA ONLINE KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELANJA ULANG SECARA ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL

RINI SUBEKTI, Sony Warsono MAFIS., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Sains Akuntansi

INTISARI Studi ini bertujuan untuk menguji elemen-elemen yang membangun pengalaman belanja online dalam kondisi yang optimal serta pengaruh kepercayaan terhadap niat untuk melakukan belanja ulang secara online melalui media sosial. Pengalaman belanja online konsumen dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yakni hedonis dan utilitarian. Elemen pengalaman belanja online konsumen hedonis yang digunakan adalah enjoyment, arousal, challenge, telepresence, dan time distortion. Sedangkan untuk utilitarian menggunakan control, importance, interactivity/speed dan skill. Selanjutnya dilakukan pengujian dan teknik analisis menggunakan SEM PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Penelitian ini melaporkan bahwa pengalaman belanja online yang optimal untuk konsumen hedonis dibangun oleh elemen elemen seperti arousal, challenge, telepresence dan time distortion. Sedangkan untuk konsumen utilitarian dibangun oleh control, importance dan skill. Selanjutnya, pengalaman belanja online konsumen hedonis tidak berhubungan dengan kepercayaan konsumen sedangkan pada konsumen utilitarian berhubungan. Kepercayaan juga mempengaruhi niat untuk melakukan pembelian ulang secara online melalui media sosial.

This study aims to examine the elements that build the online shopping experience in optimal conditions and the influence of trust and intention of online shopping through social media. Experience online shopping consumers in this study can be divided into two, namely the hedonic and utilitarian. Elements of the online shopping experience of hedonic consumers is enjoyment, arousal, challenge, telepresence and time distortion. As for utilitarian use control, importance, interactivity/speed and skill. The tests are employs Structural Equation Modelling (SEM) with variant based approach, with the help of SmartPLS. This study Reported that online shopping experience that optimally to consumers hedonic built by the element of elements such as arousal, challenge, telepresence and time distortion.While to consumers utilitarian built by control, importance and skill. Next, the online shopping experience consumers hedonic not related to consumer confidence while on the consumer utilitarian related.Trust Also Affect intention to buy online through social media.

Kata Kunci : Pengalaman Belanja Online, Hedonis, Utilitarian dan Kepercayaan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.