Laporkan Masalah

HUBUNGAN PATRON���¢�¯�¿�½�¯�¿�½KLIEN KOMUNITAS DIET KANTONG PLASTIK DENGAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY THE BODY SHOP INDONESIA

ANNEDYA TITI HAPSARI, Prof. Dr. Susetiawan, S.U.; Danang Arif Darmawan, S.Sos.,M.Si

2017 | Tesis | S2 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model hubungan antara komunitas Diet Kantong Plastik dengan program corporate social responsiblity The Body Shop Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan The Body Shop di Indonesia. Meskipun berstatus sebagai perusahaan multinasional, namun faktanya The Body Shop Indonesia merupakan perusahaan waralaba. Sedangkan di Indonesia tiap perusahaan diwajibkan untuk melakukan program tanggung jawab sosial perusahaan sebagai imbas dari aktivitas bisnisnya. The Body Shop Indonesia menerapkan keterlibatan tidak langsung dalam upayanya untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan. Yakni dengan cara bermitra dengan komunitas Diet Kantong Plastik sebagai cara untuk mengimplementasikan program tanggungjawab sosialnya salah satunya adalah program ���¢�¯�¿�½�¯�¿�½say no to plastic���¢�¯�¿�½�¯�¿�½. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara di perusahaan The Body Shop Indonesia, komunitas Diet Kantong Plastik dan beberapa relawan yang tergabung didalamnya. Analisis data dilakukan terhadap dokumentasi berupa audio, gambar, catatan lapangan dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukan ada pola hubungan patron-klien antara The Body Shop Indonesia dan komunitas Diet kantong Plastik. Komunitas Diet Kantong Plastik memiliki kepastian dana yang tetap dari The Body Shop sedangkan The Body Shop Indonesia secara terselubung menggunakan pesan-pesan kampanye yang digunakan oleh komunitas Diet Kantong Plastik sebagai media promosi untuk menambah profit perusahaan, mendapatkan citra positif di masyarakat dan menambah jumlah.

This research aimed to describe and analyze about trh pattern between Diet Plastic Bags Community on Corporate Social Responsibility program of The Body Shop Indonesia. This research was motivated by the presence of The Body Shop Indonesia. The Body Shop Indonesia is a multinational company but also franchise company. Meanwhile, in Indonesia each company is required to undertake a program of corporate social responsibility as the impact of its business activities. The Body Shop Indonesia applying indirect involvement in its efforts to implement the program of corporate social responsibility. Namely by partnering with Diet Plastic Bags community as a way to implement social responsibility programs. This research used a qualitative method with descriptive approach. Determination of informants used Purposive Sampling technique. Data were collected by observation and interviews that was conducted in The Body Shop Indonesia and Diet Plastic Bags Community. Data included documentation in the form of audio, images, field notes and other supporting were then analyzed. This research showed patron-client between Diet Plastic Bags and The Body Shop Indonesia. As a partner, Diet Plastic Bags carry out its role as a promotional tool of the Body Shop Indonesia. In the pattern of this relationship, both parties equally have benefit. Diet plastic Bags community have the certainty of funds that remain from The Body Shop Indonesia, otherwise, The Body Shop Indonesia use campaign messages used by the Diet plastic Bags community as a media and tools to increase corporate profits, gain a positive image as an good company and increase the number of customers and subscribes

Kata Kunci : The Body Shop Indonesia, komunitas Diet Kantong Plastik corporate social responsibility, patronase.