Laporkan Masalah

ANALISIS PENERAPAN ORGANISASI PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI KOMPETISI DI INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT STUDI PADA PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR

ADITYA DWI PRATOMO, Amin Wibowo, M.B.A, Ph. D

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Dengan bertambahnya pemain baru di industri kendaraan bermotor roda empat Indonesia dan berkurangnya tingkat penjualan industri kendaraan bermotor roda empat Indonesia dibandingkan tahun sebelumnya, tingkat persaingan di industri kendaraan bermotor roda empat semakin meningkat. PT. Astra Daihatsu Motor (PT. ADM) merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar yangbersaing pada industri kendaraan bermotor roda empat di Indonesia. Pada PT. ADM, proses peningkatan terus menerus (continous improvement) sudah dijalankan oleh semua tingkatan di perusahaan, baik pada manajemen puncak maupun operasional perusahaan. Konsep Genba Genchi Genbutsu (melihat secara langsung data dan fakta aktual di lapangan) selalu diutamakan dalam proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan organisasi pembelajaran di PT. ADM dalam menghadapi kompetisi industri kendaraan bermotor roda empat. Penerapan organisasi pembelajaran yang baik menurut Garvin (1993) adalah produktifitas perusahaan akan meningkat sebesar rata-rata 5% selama 4 tahun ke belakang, pangsa pasar perusahaan akan membaik dan dapat menciptakan produk yang bebas dari kesalahan. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari survey kuisioner (Garvin et al., 2008) yang sudahdibagikan kepada wakil karyawan PT. ADM sebanyak 100 orang responden. Selain itu, dilakukan wawancara dengan wakil manajemen dan wakil karyawan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam terkait hasil pengolahan survey kuisioner. Dari pengolahan data survey kuisioner dan hasil wawancara kepada wakil karyawan dan wakil manajemen, diperoleh data bahwa tingkat penerapan organisasi pembelajaran di PT. ADM masih di tingkatan yang rendah dibandingkan nilai antar perusahaan. Hal ini harus ditingkatkan oleh PT. ADM agar dapat meningkatkan tingkat kompetisi perusahaan dibandingkan perusahaan otomotif lainnya.

With new addition of new player in four wheel automotive industry in Indonesia and reduction of sales in four wheel automotive industry, competition in four wheel automotive industry is increasing. PT. Astra Daihatsu Motor (PT. ADM) is one of the biggest automotive company who competes in four wheel automotive industry in Indonesia. At PT. ADM, continuous improvement activity has been done by all level in company, whether by top management and also operational level. Genba Genchi Genbutsu (seeing the actual data and fact at the field) is always being prioritized during problem solving. These research is to analyze learning organization implementation at PT. ADM to face four wheel automotive industry competition. The result of good implementation of learning organization based on research by Garvin (1993) are increasing productivity, better market share and can produce flawless product. These research is using primary data from questionnaire survey (Garvin et al., 2008) which has been distribute to several employee at PT. ADM, 100 respondent. Beside of that, interview has been done with management and employee representative to get more knowledge about survey questionnaire tabulation. From survey questionnaire tabulation and interview result with management and employee representative, shown that the level of learning organization implementation at PT. ADM are on the lower level compared to another company benchmark data. To increase company competitiveness, PT. ADM must improving these level and condition.

Kata Kunci : Persaingan, Organisasi Pembelajaran