Laporkan Masalah

THE STRATEGY EVALUATION OF A TEXTILE MANUFACTURING COMPANY IN SURAKARTA TO ACHIEVE SUSTAINED COMPETITIVE ADVANTAGE IN NATIONAL TEXTILE INDUSTRY A CASE STUDY OF PT DAN LIRIS

SADANA MAHARJA H., B.M. Purwanto, Dr., M.B.A.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Tekstil dan produk tekstil telah menjadi kebutuhan dasar manusia hingga saat ini. Kebutuhan dasar ini telah mendorong industri tekstil menjadi salah satu industri yang sangat diminati, terutama oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia. Perusahaan-perusahaan tekstil harus memiliki keunggulan kompetitif dan strategi yang baik agar mampu bertahan dalam industri ini. PT Danliris merupakan salah satu perusahaan tekstil yang telah lama bertahan dalam industri tekstil, terutama dalam industri tekstil nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sumber daya, kompetensi, dan kapabilitas yang dimiliki oleh PT Danliris yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber keunggulan kompetitif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi strategi PT Danliris dalam memanfaatkan sumber daya, kompetensi, dan kapabilitas yang dimilikinya. Pemahaman terhadap keunggulan kompetitif yang dimiliki, baik yang berkelanjutan (sustained competitive advantage) maupun sebagai inti (core competence), dapat mendukung PT Danliris dalam menyusun langkah-langkah strategis yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terbagi dalam 2 analisa: eksternal dan internal. Porter's 5 Forces digunakan sebagai alat analisa eksternal untuk menganalisisa faktor kesuksesan utama dalam industri tekstil. Pada sisi lain, Value Chain analysis dan SWOT analysis digunakan sebagai analisa internal untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki PT Danliris dalam aktifitas-aktifitas rantai nilai di perusahaan. Analisa internal selanjutnya menggunakan VRIO Framework dan Core Competence Test untuk menganalisa keunggulan kompetitif berdasarkan kekuatan yang dimiliki PT Danliris. Analisa yang terakhir menggunakan Strategy Diamond untuk mengevaluasi strategi dan keunggulan kompetitif pada PT Danliris agar dapat bertahan di industri tekstil nasional Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah PT Daliris memiliki keunggulan kompetitif berkelanjutan, terdiri atas 5 sumber daya; 5 kompetensi; dan 5 kapabilitas. PT Danliris memiliki 3 sumber daya, 4 kompetensi, dan 3 kapabilitas sebagai inti dari keunggulan kompetitif yang dimilikinya. PT Danliris harus mampu memahami dan mengelola keunggulan kompetitif dalam mengambil langkah-langkah strategis. PT Danliris dapat meningkatkan performa dalam industri tekstil dan pasarnya dengan mengelola keunggulan kompetitif secara optimal, serta mengambil strategi yang tepat.

Textile and textile product have been a human being's basic need until now. This basic necessity has generated textile industry as an attractive industry, particularly for developed countries like Indonesia. Textile companies should possess with competitive advantage and good strategy to sustain in the industry. PT Danliris is a textile company that has been sustained in the industry, especially in Indonesia national textile industry. The research's objective is analyzing PT Danliris' resources, competences, and capabilities that can be exploited as source of competitive advantage. The other research's objective is evaluating PT Danliris' strategy in exploiting its resources, competences, and capabilities. The comprehension of competitive advantage, either as sustainable competitive advantage and core competence, can avail PT Danliris in arranging better strategic steps in the future. The research's method is descriptive qualitative method. The analysis instruments are divided into 2 analysis: external and internal. Porter's 5 Forces are applied as external analysis instrument to analyze key success factor in the textile industry. On the other hand, Value Chain analysis and SWOT analysis are applied as internal analysis to analyze strength and weakness along PT Danliris' value chain activities inside the company. The second internal analysis is using VRIO Framework and Core Competence Test to analyze competitive advantage based on PT Danliris' strength. The final analysis is applying Strategy Diamond to evaluate PT Danliris' strategy and competitive advantage to sustain in Indonesia national textile industry. The research's result is PT Danliris has sustainable competitive advantages contained of 5 resources, 5 competence, and 5 capabilities. PT Danliris has 3 resources, 4 competences, and 3 capabilities as the core of its competitive advantages. PT Danliris should comprehend and manage its competitive advantages to arrange strategical steps. PT Danliris can increase its performance in textile industry and its markets by optimizing its competitive advantages, and choosing the correct strategy.

Kata Kunci : strategy evaluation, competitive advantage, competence, capability, textile, evaluasi strategi, keunggulan kompetitif, kompetensi, kapabilitas, tekstil

  1. S2-2017-360558-abstract.pdf  
  2. S2-2017-360558-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-360558-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-360558-title.pdf