Laporkan Masalah

HUBUNGAN ANTARA NILAI TES POTENSI AKADEMIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM MAGISTER DI UNIVERSITAS GADJAH MADA

A. PRITA PRADIPTIA, Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T.; Prof. Dr. Budi Prasetyo Widyobroto, DEA, DESS

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Satu kriteria seleksi calon mahasiswa baru Program Pascasarjana UGM adalah nilai TPA/PAPs. Tes ini terdiri atas tiga subtes, yaitu subtes Verbal, Kuantitatif, dan Penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai TPA/PAPs dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan hubungan antara nilai TPA/PAPs dengan masa studi mahasiswa Program magister di Universitas Gadjah Mada. Sampel penelitian ini adalah 940 lulusan Program magister yang diterima pada T.A. 2012/2013, 2013/2014, dan 2014/2015 dari 18 Fakultas dan 1 Sekolah Pascsarjana. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pembuat kebijakan terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi Rank-Spearman yang diolah dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum terdapat hubungan yang signifikan (angka signifikansinya < 0,05) dan searah (koefisien korelasinya bernilai positif) antara nilai TPA/PAPs dengan IPK. Signifikan artinya, semakin baik nilai TPA/PAPs-nya, maka semakin baik IPK-nya. Sedangkan hubungan antara nilai TPA/PAPs dengan masa studi, angka signifikansinya > 0,05 (0,176). Hal itu berarti hubungan diantara keduanya Tidak signifikan, artinya semakin baik nilai TPA/PAPs-nya, belum tentu semakin singkat masa studinya-nya. Di kluster Sains, hubungan antara TPA/PAPs dengan IPK serta TPA/PAPs dengan Masa studi tidak signifikan. Pada Kluster Humaniora, hubungan antara TPA/PAPs dengan IPK signifikan. Tetapi, hubungan antara TPA/PAPs dengan masa studi tidak signifikan. Sedangkan di Kluster Kesehatan, hubungan antara TPA/PAPs dengan IPK signifikan. Tetapi, hubungan antara TPA/PAPs dengan masa studi tidak signifikan. Hubungan antara TPA/PAPs dengan IPK serta hubungan antara TPA/PAPs dengan masa studi di kluster Agro tidak signifikan. Sedangkan di Kluster Teknik, hubungan antara TPA/PAPs dengan IPK signifikan. Tetapi, hubungan antara TPA/PAPs dengan masa studi tidak signifikan. Mahasiswa Program magister yang diterima pada T.A. 2012/2013, 2013/2014, dan 2014/2015 yang sampai dengan Semester Gasal T.A. 2016/2017 belum lulus, 59,7% nya merupakan mahasiswa yang mempunyai nilai TPA/PAPs dalam kategori sesuai (450-550). Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu diterapkan standar minimal nilai TPA/PAPs pada saat mahasiswa masuk (diterima), minimal 450, agar IPK yang diperoleh tinggi dan tidak terjadi masalah akibat nilai TPA/PAPs yang belum memenuhi persyaratan ketika akan lulus. Selain itu, sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan masa studi mahasiswa menjadi lebih panjang. Kata kunci: TPA, PAPs, IPK, masa studi, klaster

One of the selection criteria for student admission of graduate student in UGM is scholastic aptitude test. This test consist of three subtest, verbal, quantitative, and logic. The purpose of this research are to know the correlation between scholastic aptitude test score and cumulative grade point average of graduate student and also the correlation between scholastic aptitude test score and length of study of graduate student. Sample of this research are 940 garduates of master degree program in UGM which enroll in 2012, 2013, and 2014. They registered at 18 different faculties and 1 graduate school. Hopefully, this research can give contribution in the decision making process on student admission for master program in UGM. Method of this research is quantitative, using Rank-Spearman correlation analysis. Result of this research show that in general there is sigfificant correlation between scholastic aptitude test score and cumulative grade point average of graduate student. On the other hand, there is not sigfificant correlation between scholastic aptitude test score and length of study of graduate student. The correlation between scholastic aptitude test score and cumulative grade point average of graduate student and also the correlation between scholastic aptitude test score and length of study of graduate student are not significant at science cluster. Therefore, in humaniora, technic and health cluster the correlation between scholastic aptitude test score and cumulative grade point average of graduate student is significant. Nevertheless, the correlation between scholastic aptitude test score and length of study of graduate student is not significant. Agro cluster has not significant correlation between scholastic aptitude test score and cumulative grade point average of graduate student and also the correlation between scholastic aptitude test score and length of study of graduate student. There are 59,7% enrolled student in 2012, 2013, and 2014 that categorized in qualified (has scholastic aptitude score between 450 to 500). The recommendation from this research are: there must be a minimum scholastic aptitude score applied in student selection process, at least 450. So there will be no more issues related to this matter at the end of study (graduation requirement). There should be another research to discover what factors influence the length of study of graduate students. Keyword: scholastic aptitude test, cumulative grade point average, length of study, cluster

Kata Kunci : TPA, PAPs, IPK, masa studi, klaster