Laporkan Masalah

ANALISIS INDUSTRI E-COMMERCE DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMIS ASEAN

ERIAWAN, Wakhid Slamet Ciptono

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Salah satu industri yang sedang berkembang saat ini adalah Industri E-Commerce kesempatan dalam persaingan merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap perusahaan bergerak di dalam dan juga peran pemerintah dalam mempertahankan kelangsungan usaha dan persaingan terhadap Negara lain khusus nya ASEAN. Penelitian ini menggunakan Teori Diamond oleh porter, Five Forces dan juga teori Key Success Factor untuk menganalisa industri E-Commerce dalam bersaing dengan Negara Asean lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisa industri e-commerce saat ini di Indonesia dan juga mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menjadi kekuatan perusahaan yang ada di dalam industri tersebut saat ini di Indonesia dan sukses faktor sehingga bisa bersaing dan mempunyai keunggulan industri e-commerce dengan Negara ASEAN. Data dalam penelitian ini dianalisa secara kualitatif, yaitu data sekunder yang berupa teori dari berbagai literatur, serta data primer yang diperoleh dari wawancara dan data dari kementerian terkait. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh kesimbulan bahwa Industri E-Commerce di Indonesia sudah menjadi industri yang penting di Indonesia, pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu pendorong perkembangan industri ini, dari penelitian ini juga dapat di simpulkan salah satu strategi yang di lakukan perusahaan yang bergerak di dalam nya adalah strategi kolaborasi. dan peran pemerintah dalam mengeluarkan road map e-commerce menunjukan keseriusan pemerintah agar industri ini bisa terus tumbuh khusus nya sektor UMKM agar dapat bersaing dengan negara lain khusus nya di ASEAN.

One of the current growing industries in Indonesia is E-Commerce industry, where opportunities in the competition are a challenge that must be faced by any company engaged in it; moreover the Government's role in maintaining business continuity and competition against other players in the region (ASEAN) is also important. This study uses the Porter's,Diamond theory, Five Forces and Double Diamond theory to analyze the Indonesia's E-Commerce industry in competing with other players in ASEAN. This study aims to analyze the current condition of E-commerce industry in Indonesia and to identify the strength factors that exist in the industry currently, as well as the success factors to compete and have the competitive advantages amongs other players in ASEAN. The data were analyzed qualitatively, using the secondary data such as the theory of literature, as well as primary data obtained from interviews and data from relevant ministries. The result of this study is that E-Commerce industry in Indonesia has become one of an important industry in the country, where development of ICT infrastructure become one of the key developing its industry, and the Government's role in issuing country's e-commerce road-map has shown the seriousness of Indonesian government to support the industry development to be able to compete with other players in the region (ASEAN).

Kata Kunci : E-Commerce, Teori Diamond, Analisis Five Forces ,Teori KSFs