Laporkan Masalah

MEMAHAMI DAMPAK TERPAAN INFORMASI PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Survei Pada Siswa SMP di Wilayah Purwokerto Dalam Memilih Studi Lanjut)

HASTUTI WIDIANINGSIH, Kuskridho Ambardi, M.A., Ph.D.; Rahayu, S.IP., M.Si., M.A.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Penelitian ini berusaha untuk memahami korelasi antara terpaan informasi yang berasal dari presentasi dan brosur dari sebuah sekolah menengah kejuruan dengan pengambilan keputusan pada siswa-siswa SMP di Purwokerto. Pendekatan Elaborasi Likelihood Model (ELM), digunakan untuk memahami keputusan siswa sekolah menengah pertama yang mendapatakan terpaan informasi tersebut serta untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi pengambilan keputusan dalam memilih studi lanjut. Pemanfaatan ELM dalam penelitian ini didasarkan pada kontribusi teori tersebut pada lingkup persuasi dan respon yang ditimbulkan. Empat variabel utama diimplemetasikan dalam studi ini, yaitu variabel peubah yang bertindak sebagai central-cues terdiri dari pengukuran recall informasi, penilaian kualitas dan kuantitas informasi, variabel peubah kedua sebagai peripheral-cues meliputi otoritas orang tua, social proof peers-groups, media sosial affinity dan otoritas guru, variabel ketiga yaitu moderator ditunjukkan dengan brand involvement, dan terakhir adalah variabel terikat yang mengukur niat dari sebuah tindakan yang merujuk pada pengambilan keputusan. Secara keseluruhan, instrumen pengukuran variabel telah memenuhi persyaratan validitas isi dan kriteria, konsistensi internal dan reliabilitas koefisien alpha yang signifikan. Analisis data dari 161 sampel yaitu siswa sekolah menengah pertama, berhasil mengkonfirmasi adanya korelasi positif dan signifikan antara terpaan informasi melalui pengukuran recall informasi dan pengambilan keputusan mendaftar pada siswa SMP. Selain itu, hasil analisis juga menemukan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara penilaian kualitas dan kuantitas informasi, serta brand involvement dengan pengambilan keputusan. Penelitian ini mendukung pentingnya respon kognitif terhadap persuasi serta memberi pemahaman korelasi antara terpaan informasi pada pengambilan keputusan siswa-siswa SMP dalam memilih studi lanjut.

The unprecedented correlation between exposure to information and middle school students'decision making in opting for higher education has brought about a gap. This study, guided by Elaboration Likelihood Model (ELM), aspires to comprise middle school students'decision making following the exposure to information; and factors that presumably affect the respective decision making. The utilization of ELM in this study is based on the contribution of the theory toward persuasive communication and its after-effect. Four variables employed, independent variables act as central-cues consist of measurement of recall of information, assesment of quality and quantity of information, another independent variables act as peripheral-cues consist of parents'authority, social proof peer-groups, social media affinity and teacher's authority, the third variabel is moderator variable indicated by brand involvement and the last variable is measuring intention on account of decision making acts as dependent variable. The overall measurement constructs, fullfilled the criterion-related validity, content-related validity, internal consistency and the reliability accordance with alpha coefficient. Survey data from 161 middle school students, comfirms that there is a positive and significant correlation between exposure to information based on recall of information measurement and middle school students'decision making. Result also shows positive and significant correlation between assessment of quality and quantity of information and middle school students'decision making, as well as brand involvement and middle school students'decision making. This study elicits salient finding on cognitive response toward exposure to information and would provide facts of correlation between exposure to information and middle school students' decision making in opting for higher education.

Kata Kunci : terpaan informasi, Elaboration Likelihood Model, pengambilan keputusan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.