Laporkan Masalah

KUALITAS INFORMASI WEBSITE REKRUTMEN PERUSAHAAN TERHADAP KETERTARIKAN PELAMAR KERJA DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

AUFAR AHMAD FADHLILLAH, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2016 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Sumber daya manusia yang unggul merupakan kunci untuk menciptakan suatu keunggulan kompetitif. Karena hal tersebut, perusahaan perlu menentukan metode rekrutmen terbaik untuk mendapatkan pelamar kerja potensial. Salah satu metode yang dianggap penting dalam proses rekrutmen adalah metode website rekrutmen perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis pengaruh kualitas informasi website rekrutmen perusahaan terhadap ketertarikan pelamar kerja dengan reputasi perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi di Indonesia yang berjumlah 196 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei melalui media kuesioner online. Analisis data dilakukan dengan metode analisis linear sederhana pada hipotesis pertama dan metode analisis linear berganda untuk mengetahui pengaruh moderasi dari reputasi perusahaan pada hipotesis kedua. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis pertama yaitu kualitas informasi website rekrutmen perusahaan berpengaruh positif terhadap ketertarikan pelamar kerja. Namun hipotesis kedua yang meneliti tentang pengaruh moderasi reputasi perusahaan terhadap hubungan kualitas informasi website rekrutmen perusahaan terhadap ketertarikan pelamar kerja tidak terbukti.

Superior human recources are benefical to the creation of competitive advantages. Because of this, employer need to choose the best recruitment method for attracting potential applicants. A primary tool used by employer to attract applicants is a recruitment website. This study aims to analyze the effect from information quality of recruitment websites on applicant attraction with employer reputation as a moderating variable. The sample in this study is students from Universities in Indonesia that amounted to 196 samples. The data collection was done by survey method using online questionnaire. Data analysis was done by using simple regression analysis method for the first hypothesis and multiple regression analysis method for the second hypothesis to determine the moderating effect of employer reputation. This research results indicate that information quality of recruitment websites associated with applicant attraction. But, the second hypothesis result indicates that moderating effect of employer reputation on the relationship of recruitment websites information quality on applicant attraction is not supported.

Kata Kunci : Kualitas Informasi, Website Rekrutmen Perusahaan, Reputasi Perusahaan, Ketertarikan Pelamar Kerja.

  1. S1-2016-330587-abstract.pdf  
  2. S1-2016-330587-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-330587-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-330587-title.pdf