Laporkan Masalah

Adopsi E-Commerce Pada UMKM (Studi Kasus Best Practices Pada UKM Abekani dan UKM Subur Ceramics)

JATI ASTOMO, Dr. Bevaola Kusumasari M.Si

2017 | Skripsi | S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

E-commerce merupakan proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. E-commerce meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam perdagangan. Transaksi e-commerce di dunia terus mengalami peningkatan tidak terkecuali di Indonesia. Dilihat dari keuntungan dan perkembangan penggunaan e-commerce tersebut menjadikan e-commerce sebagai elemen penting dalam pengembangan suatu bisnis atau usaha. Terlebih lagi bagi Usaha Kecil Menegah atau UKM yang mempunyai modal terbatas. Akan tetapi hingga saat ini tingkat adopsi e-commerce pada UKM di Indonesia masih sangat rendah. Rendahnya tingkat adopsi pada UKM di Indonesia dipengaruhi berbagai variabel baik internal maupun eksternal. Terdapat tiga tahapan dalam proses adopsi e-commerce yaitu tahap pengenalan (awareness), tahap penilaian (evaluation), tahap adopsi. Selain akan menganalisis proses adopsi e-commerce oleh UKM, penelitian ini juga akan melihat sejauh apa pemerintah telah menjalankan perannya untuk mendorong peningkatan adopsi e-commerce oleh UKM di Indonesia.

E-commerce is the process of buying and selling of products, services and information that will be conducted electronically by using computer networks. E-commerce increase effectiveness and efficiency in trade. E-commerce transactions in the world is constantly increasing in Indonesia is no exception. Judging from the profits and the development of the use of e-commerce, it makes e-commerce as an important element in the development of a business or enterprise. Moreover for Small and Medium enterprises or SMEs who have limited capital. But until now the level of adoption of e-commerce on SMEs in Indonesia is still very low. Low levels of adoption in SMEs in Indonesia is influenced by many variables both internal and external. There are three stages in the process of adoption of e-commerce is the introduction stage (awareness), stage of assessment (evaluation), stage of adoption. In addition to going to analyze the process of adoption of e-commerce by SMEs, the research also will see to what extent the government has its role to encourage increased adoption of e-commerce by SMEs in Indonesia.

Kata Kunci : E-commerce, adopsi, Small Medium Entrepreneur, UKM