FLOUTING MAXIMS YANG TERDAPAT DALAM IKLAN PARIWISATA DALAM SITUS KOREA TOURISM ORGANIZATION PERIODE WAKTU OKTOBER 2015-JUNI 2016
MEINDA ELIATA, Amin Basuki,M.A
2017 | Skripsi | S1 BAHASA KOREASkripsi ini mengkaji flouting maxims dalam headline pada iklan pariwisata dalam periode waktu Oktober 2015 hingga Juni 2016 pada situs Korean Tourism Organization. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis flouting yang terdapat pada headline iklan pariwisata dan menjelaskan jenis flouting yang paling banyak dan yang paling sedikit pada iklan tersebut dengan menggunakan teori dari Joan Cutting. Hasil analisis menunjukan dari 40 data iklan, terdapat masing- masing 22,5% atau sebanyak 9 headline iklan teridentifikasi flouting quantity dan flouting kombinasi quantity dan quality. Selain hal itu, terdapat 1 data iklan yang mengandung flouting kombinasi quantity, quality dan manner. Pada data juga terdapat 4 headline iklan yang tidak mengandung flouting. Hasil juga menunjukan bahwa headline iklan tidak dapat menjelaskan secara keseluruhan sebuah penawaran produk atau jasa kecuali jika headline dilengkapi dengan bodycopy.
This undergraduate thesis examines the flouting of maxims in the headlines of tourism advertising within the period of October 2015 to June 2016 on Korean Tourism Organization website. The purpose of this paper is to identify the types of flouting contained in tourism advertisement headlines and explain the types of the most frequent and the least frequent of flouting in the advertisement by using Joan Cutting theory. Results of the analysis showed from 40 advertisement datas, there are each 22,5% or as much 9 identified as advertisement headline flouting quantity and containing flouting combination of quantity and quality. Besides that, there is one advertisement that contains the data flouting as the combination of quantity, quality and manner. The data also contain 4 headline advertisement without any flouting. The results also showed that the headline advertisement can not explain the whole of a product or service unless it is equipped with bodycopy.
Kata Kunci : Pragmatik,Flouting, Headline,Maxims,Pragmatics,Iklan