Laporkan Masalah

PT LEWIND MARKETING STRATEGY IN INDONESIA MARKET

LEO MARTIN, Dr. Hargo Utomo, MBA, M.Com

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Krisis ekonomi di Indonesia pada tahun 1997 menyebabkan beberapa masalah lingkungan. Hal ini secara dramatis mengurangi upaya untuk membangun lingkungan industri yang ramah lingkungan. Karena sebagian besar perusahaan lokal Indonesia tidak mampu untuk memiliki fasilitas penanganan sampah mereka sendiri, mereka cenderung untuk mengejar strategi outsourcing dalam penanganan limbah mereka. Masalah lingkungan ini di Indonesia telah membuka peluang bisnis baru, sejak tahun 2000 PT. Lewind konsultan lingkungan Indonesia sejak tahun 2000 memperluas bisnis mereka dan mulai menyediakan layanan pembuangan limbah Tesis ini berfokus pada industri penanganan limbah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang telah digunakan oleh PT Lewind dalam memasarkan jasa mereka, untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan, dan mengevaluasi pelaksanaan perusahaan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan kondisi PT Lewind baik kondisi internal dan juga eksternal, yang dihadapi oleh perusahaan. Alat yang digunakan untuk analisis adalah strategis kerangka kerja dan analisis SWOT. Analisis Strategi generik akan digunakan untuk menentukan strategi terbaik sehingga PT Lewind dapat bersaing dengan sukses dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Yang terakhir adalah thesis ini akan membahas tentang implementasi dari strategi yang dipilih.

The Economic crisis in Indonesia during 1997 caused several environmental problems. It had dramatically reduced efforts to build an eco friendly industrial environment. Since most of the local Indonesian companies couldn’t afford to have their own waste handling facility, they tend to pursue outsourcing strategy in handling their waste. This environment problem in Indonesia has been opening new business opportunity, since 2000 PT. Lewind an Indonesian environmental consultant since 2000 expanded their business and started to provides disposal services for waste This thesis focuses on the waste handling industry. The objective of this research are to identify the marketing strategy that have been used by PT Lewind in marketing their services, to analyze the factors that become the strengths, weaknesses, opportunities, and threats for the company, and to evaluate the implementation of the company's marketing strategy. The research is descriptive research describing the condition of PT Lewind either the internal condition and also the external, faced by the company The tool that used for the analysis, is Aaker strategic frame work and SWOT Analysis . Generic strategies analysis will be used to decide the best strategy so PT Lewind can competing successfully and providing superior value to customer. Finally, the paper will discuss about implementation of the chosen strategy.

Kata Kunci : SWOT Analysis, Marketing mix, marketing strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.