Laporkan Masalah

DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA DAN SIKAP GURU TERHADAP PERILAKU SISWA DALAM DRAMA KOREA CHEER UP!

SHEILA ADHITA KENANGA WATI , Dr. Novi Siti Kussuji Indrastuti, M.Hum.

2017 | Skripsi | S1 BAHASA KOREA

Skripsi ini berisi penelitian mengenai pola asuh orang tua dan sikap guru yang memberikan pengaruh terhadap tingkah laku siswa dalam drama Korea "Cheer Up!". Siswa SMA sebagai remaja memiliki kepribadian yang belum stabil dalam mengendalikan emosi. Mereka dianggap masih belum mampu mengambil keputusan sendiri dan masih perlu dibimbing oleh orang tua maupun guru sebagai orang dewasa yang berperan sebagai pembimbing. Melalui pendekatan psikologi sastra, penelitian ini menggunakan teori pola asuh orang tua (parenting style) oleh Diana Baumrind dan berbagai teori mengenai psikologi remaja untuk mengetahui tingkat pengaruh sikap orang tua dan guru terhadap perilaku siswa SMA yang diketahui sebagai remaja akhir (remaja yang mendekati usia dewasa). Orang tua selalu memiliki kedudukan utama dalam mendidik anak. Sebagai pendidik sekunder, sekolah juga memiliki peran yang penting dalam membangun karakter siswa. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa berbagai pola asuh yang diberikan orang tua dan sikap guru terhadap siswa diketahui mampu memberikan dampak terhadap perilaku siswa. Dampak ini terdapat dua jenis, yaitu positif dan negatif. Dampak positif tidak hanya berasal dari satu jenis pola asuh maupun sikap positif guru saja, tetapi ditimbulkan karena adanya perpaduan antara beberapa pola asuh orang tua yang diterapkan dan sikap negatif yang diterima oleh anak. Namun demikian, tetap saja anak yang mendapatkan perlakuan positif dan pola asuh yang positif akan mengalami perkembangan emosional lebih baik daripada anak-anak yang diperlakukan secara buruk oleh orang tua. Sebagai remaja, anak SMA perlu mendapatkan bimbingan yang sesuai oleh guru di sekolah dan orang tua sebagai pendamping utama. Akan tetapi tidak semua keputusan harus ditentukan oleh orang dewasa. Dalam hal ini anak juga memiliki hak untuk memberikan pendapat sesuai dengan keinginan yang ingin diungkapkan dalam situasi yang sedang dihadapi. Kata Kunci: pengaruh, pola asuh orang tua, guru, perilaku, siswa, psikologi remaja

This undergraduate thesis is about parenting styles and teacher's attitude in which it gives influence toward students' behavior in Korean drama "Cheer Up!". As adolescents, high school students still have some unstable personalities of emotional control. They are judged as those who can't make their own decision and still need some guidance by parents or teachers as adults who have the role as guides. Through psychology literature approach, this research uses parenting style theory by Diana Baumrind as a theory of adolescent psychology to understand the level of influence that can be caused by parents and teachers' attitude toward high school students' behaviors who are known as late adolescent (adolescents who are becoming adults). Parents always have the main position in educating the children. As a secondary educator, schools also have the main role in the students' character building. Based on this research, it can be concluded that some of parenting styles done by parents and teachers' attitude toward students are known to give some impact toward students' behavior. There are two types of impact, positive impact and negative impact. The positive impact is not only caused by one parenting style or teachers' positive attitude only, but it caused by combination of some parenting styles and also negative treatment they have gotten. However, the children who got positive treatment and parenting styles will have better emotional development than the children who get bad treatment from their parents. As adolescents, high school students need to get proper guidance from teacher in school, and also parents as their main guidance. But still, not all of the decisions have to be made by adults. In this case, children also have the rights to give their opinion appropriately with their wants which expressed in facing their situation. Keywords: influence, parenting style, teacher, behavior, student, adolescent psychology

Kata Kunci : pengaruh, pola asuh orang tua, guru, perilaku, siswa, psikologi remaja


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.