Laporkan Masalah

KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM LAYANAN JASA PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Praktek Komunikasi Pemasaran SDIT Alam Al Karim School Lampung Pada Tahun 2016)

LISNATIKA WAHYUNI, Hermin Indah Wahyuni, Dr., S.I.P., M.Si.

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Dunia pendidikan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Perkembangan sebuah bangsa sangat bergantung pada kualitas pendidikan yang diterima oleh masyarakatnya. Konsep pendidikan di Indonesia secara terus menerus mengalami perkembangan dan perubahan ke arah yang lebih baik, seiring dengan kemajuan zaman. Fenomena munculnya sebuah alternatif pendidikan dengan konsep alam sendiri menjadi sebuah hal yang menarik perhatian bagi penulis. Keberadaan SDIT Alam Al Karim School Lampung sebagai sebuah jasa layanan pendidikan yang menawarkan sesuatu yang berbeda di tengah-tengah masyarakat Lampung yang terbiasa akan jalur pendidikan konvensional membuat penulis tertarik untuk meneliti dan mengetahui bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran yang dilaksanakan SDIT Alam Al Karim School Lampung dalam memperkenalkan konsep baru tersebut kepada masyarakat di Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana SDIT Alam Al Karim School Lampung mempraktekkan kegiatan komunikasi pemasaran terpadu di bidang jasa pendidikan dalam memperkenalkan konsep pendidikan baru yang diusungnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi yang telah dianalisis mengenai pemasaran sekolah “alternatif” sehingga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan/lembaga sebagai sebuah dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran layanan pendidikan di masa yang akan datang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SDIT Alam Al Karim School Lampung memerlukan tim dan divisi pemasaran yang khusus bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan komunikasi pemasaran yang akan dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan konsep sekolah alam sebagai sebuah alternatif pendidikan baru yang ditawarkan di Bandar Lampung. Dengan demikian, akan terbentuk sebuah kegiatan yang lebih terfokus dan hasil yang lebih efektif.

Education is inseparable from human being. Development of a nation highly depends on the quality of education received by its society. The concept of education in Indonesia continuously growing and experiencing changes towards better, with the progress of time. Phenomenon of the emergence of an alternative educational service with the concept of nature itself becomes a matter of interest for author. The existence of SDIT Alam Al Karim School Lampung as an education service that offer something different in the middle of society, which used to a conventional education services, gain author’s interest in researching and studying about marketing communication activities conducted in SDIT Alam Al Karim School Lampung. This study was conducted to determine how SDIT Alam Al Karim School Lampung practicing integrated marketing communications activities, especially in introducing new concept of educational services. This research is expected to contribute ideas and information that has been analyzed regarding marketing matters of "alternative" school, that can be used by companies / institutions as a consideration for decision-making in the field of marketing of educational services in the future. The result of this study indicate that SDIT Alam Al Karim School Lampung need a distinctive team and marketing division which particularly responsible for marketing communication activities in introducing alternative of educational services with the concept of nature in Bandar Lampung. Thus, there would be a focused activity and more effective results.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Jasa Pendidikan Alternatif, Sekolah Alam