Laporkan Masalah

STRATEGI KESUKSESAN SEKOLAH ROBOT DI WILAYAH D.I YOGYAKARTA

MAZAYA DINI RAMADHANI, Dr. Eng. Herianto, S.T., M.Eng.

2016 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Kemajuan teknologi robotika menjadi hal yang penting karena perubahan yang sangat cepat dimasa kini. Edukasi mengenai robotika sudah ada sejak tahun 1990an dan menjadi popular diantara pelajar. Maka, banyak institusi pendidikan baik itu formal maupun non-formal mengangkat topik robotika, dan beberapa institusi itu sukses diminati masyarakat. Usaha dibidang edukasi robotika belum cukup banyak, sehingga dapat menjadi peluang untuk melakukan bisnis dibidang robotika. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model prediksi kesuksesan sekolah robot di DI Yogyakarta berdasarkan nilai market share. Prediksi ini dapat dengan tepat menentukan nilai market share pada sekolah robot serta menjadi strategi untuk membangun sekolah robot. Penelitian ini menggunakan 6 sekolah robot sebagai objek penelitian. Model matematis prediksi peluncuran sekolah robot memiliki satu variabel terikat yaitu market share, dan empat variabel bebas yaitu biaya, pengajar, reputasi dan fasilitas. Data market share, biaya, reputasi dan fasilitas didapatkan dari data historik dan data aktual sekolah robot, sedangkan data pengajar diperoleh dengan melakukan survei tertutup kepada customer terhadap masing – masing sekolah robot. Model dibangun dengan menggunakan dua metode yaitu multiple linear regression dan model kano. Model yang dibangun menggunakan dua metode tersebut menghasilkan 13 alternatif model matematis, dimana nantinya akan dipilih satu model terbaik. Model matematis terbaik untuk menghitung nilai market share diperoleh dari model yang dibangun menggunakan model kano dengan nilai 𝑅 - square sebesar 98,34% dan dengan nilai MAPE 10,01%. Model matematis ini dapat digunakan untuk memprediksi nilai market share sekolah robot serta dapat digunakan sebagai dasar untuk strategi peluncuran sekolah robot di D.I Yogyakarta.

The world is changing at a rapid pace. New technological tools are introduced in our life more rapidly than ever before. Although robotics in education for school age children has been in existence since the late 1900s, it is becoming more popular among young students. Nowdays, it is integrated as technological learning tool in regular school as an extracurricular. On the other hand, unformal institutions provide students to learn more about robotic technology in a private way, and some of them succeed in popularity gain among the students. Business in robotic education is not emerge enough in the society, it has business oppotunities in this area. This research aims prediction model to create robotic school successful product in D.I Yogyakarta based on market share value. This prediction can be exact way to determined market share value of robotic school and a strategy to build robotic school. This research uses 6 robotic schools as an object. Mathematical model to launch robotic school has one dependent variable, market share, and four independent variables included price, teacher, reputation and facility. Data of market share, price, reputation and facility is obtained by gathering historic data and actual data of each robotic school, while data of teacher is obtained by doing a survey to each robotic school’s customer. Model is built by using two methods: Multiple Linear Regression and Kano Model. It is resulted 13 alternatives mathematical model, then the best model will be chosen. The best model is derived by kano model with the value of R - square is 98,34% and MAPE is 10,01%. This mathematical model can be used as a prediction value of market share of the robotic school and also it can be used as a basic strategy to launch robotic school in D.I Yogyakarta.

Kata Kunci : Sekolah Robot, Model Kano, Multiple Linear Regression, Kesuksesan Produk, Market Share