Laporkan Masalah

ANALISIS KOMPETENSI INTI PADA PT. GARAM MAS DENGAN MENGGUNAKAN PERSPEKTIF BERBASIS SUMBER DAYA

ALDERA NURLUKMANITA , Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis kompetensi inti PT. Garam Mas dari sisi sumber daya dan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan diuji untuk dijadikan kekuatan, keunggulan bersaing, serta kompetensi inti dalam membuat pasar baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif analisis. Tujuan dari metode ini mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap suatu obyek penelitian yang diteliti melalui sampel atau data yang telah terkumpul dan membuat kesimpulan yang berlaku umum. Data yang digunakan primer dan sekunder. Data primer didapat dari wawancara dengan narasumber, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen perusahaan dan data teori yang berkaitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kompetensi inti dari sumber daya dan kemampuan perusahaan. Alat analisis yang digunakan merupakan VRIO (Value, Rare, In-Imitable, and Supported by Organization). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya dan kemampuan yang dijadikan kenggulan bersaing berkelanjutan adalah hutang perusahaan minimal, reputasi perusahaan, hubungan dengan konsumen, jaringan kerja sama yang luas dari berbagai wilayah, keahlian yang dimiliki oleh karyawan, pendalaman pekerjaan, loyalitas dan kepercayaan terhadap perusahaan dari karyawan, melakukan pekerjaan dengan efektivitas dan efisien. Hasil analisis terhadap sumber daya dan kemampuan yang memiliki sifat keunggulan bersaing berkelanjutan ini diuji kembali untuk mendapatkan hasil kompetensi inti yang berguna untuk mengakses pasar baru yaitu reputasi perusahaan, loyalitas dan kepercayaan terhadap perusahaan dari karyawan, serta melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Dari hasil analisis kompetensi inti, perusahaan diharapkan lebih fokus pada sumber daya dan kemampuan yang ada menjadi kekuatan yang ada dalam menghadapi persaingan pasar serta menjadi perusahaan yang lebih unggul dibidang industri garam.

This research is done to analyze core competence of PT. Garam Mas from the side of resource and competence owned by the company. Resource and capabilities owned by the company are tested to make it as strength, competitive power, and core competence in establishing a new market. This research uses analysis descriptive quantitative method. The aim of this method is to describe or give an image towards a research object researched through sample or data that have been gathered and draw a conclusion. The data utilized are primary and secondary data. Primary data is obtained from an interview from the resource, while the secondary data is obtained from company documents and relevant theoretical data. This research utilizes core competence approach of resource and companys competence. The analysis equipment utilized is VRIO (Value, Rare, In-Imitable, and Supported by Organization). The research result indicates that resource and competence that becomes core competence is minimum companys debt, its reputation, relationship with customers, wide cooperation net from various areas, skills possessed by employees, job deepening, loyalty and trust towards company given by employees, and work effectively and efficiently. The research result for resources and capabilities that have a sustainable competitive advantage is retested for getting the core competencies that are useful for accessing new markets is the company's reputation, loyalty, and trust in the company of employees, as well as perform the job effectively and efficiently. Of the core competence analysis result, the company is expected to more focus on existing resource and competence to be strength in overcoming market competition and becoming a superior company in the salt industry.

Kata Kunci : PT. Garam Mas, Kompetensi Inti, Simber daya dan kapabilitas, Keunggulan bersaing, Model VRIO. / PT. Garam Mas, Core Competence, Resource and Capability, Competitive Advantage, VRIO Model.