Laporkan Masalah

RUBRIK NURSING CLINICAL EXERCISE : SEBUAH PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KLINIS DI PENDIDIKAN KLINIK KEPERAWATAN

RETNO SUMIYAR RINI, andes Retno Rahayu, dr., MMedEd, PhD.; Yoyo Suhoyo, dr., MMedEd.

2016 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran

Latar belakang: Keterampilan klinis adalah kemampuan mendasar yang wajib dikuasai oleh perawat yang baru lulus. Oleh karena itu, penilaian kompetensi klinis merupakanhal yang mendasar dan krusial bagi pendidik dan pengelola pendidikan.Dibutuhkan instrument penilaian yang valid, reliabel dan memiliki dampakterhadap pembelajaran melalui pemberian feedback yang terstruktur sehinggalulusan yang dihasilkan berkualitas. Beberapa instrument penilaian di pendidikan klinik keperawatan kurang memberikan bukti validitas dan reliabilitas sertakurang fisibel, sehingga diperlukan pengembangan intrumen penilaian klinik. Tujuan Penelitian:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian klinik dikeperawatan dan melakukan uji content validity Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang meliputi penyusunan draft mellaui literature review dan proses review draft oleh expert melalui expertpanel. Hasil: Proses penyusunan dan review menghasilkan rubrik yang diberi nama NursingClinical Exercise (NCEx) yang terdiri dari 6 domain yakni pengkajian datasubjektif, pemeriksaan fisik, perumusan diagnosa, perumusan perencanaan perawatan, komunikasi dan hubungan interpersonal, dan profesionalisme. Nilai content validity baik ( CVR seluruh domain =1) Kesimpulan Rubrik NCEx terdiri dari 6 domain dan memiliki konten validity yang baik.

Background : Nursing clinical competencies is fundamental ability that must be mastered by nurses when they graduate from school. Therefore, the assessment of clinical competencies is crucial for educators. There is a need to develop an assessment tools which has high validity and reliability and impact on learning through a feedback. Finally a valid and reliable assessment tools can result in high quality of graduate nurse. The problem seen in real case, several number of assessment tools in clinical setting has low validity and reliability evidence, so that there is a need to develop an assessment tools for nurse clinical setting. Objective: This study aimed to develop an assessment tools for nurse clinical setting and to validate this tools. Method: This study comprise two main stage. First stage which done to proposed NCEx draft and followed by second stage to reviewed it through expert panel Result: This study resulting assessment tools named with Nursing Clinical Exercise (NCEx). NCEx comprise 6 domains. The NCEx valid in content with Content Validity Ratio =1 for all domain. Conclusion : NCEx rubric comprise 6 domain and valid in content

Kata Kunci : Nurssing clinical exsercise, Mini cex, Penilaian kompetensi klinik keperawatan, Nursing clinical exsercise, Mini cex, Assessment ofnursing clinical competencies

  1. S2-2016-372977-abstract.pdf  
  2. S2-2016-372977-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-372977-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-372977-title.pdf