Laporkan Masalah

DINAMIKA INTERAKSI KOMUNIKASI ORGANISASI PEGAWAI ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Organisasi Pegawai Administrasi pada Bagian Pengelola Pelayan Kesehatan Bulan Juni 2016)

BRIGITTA RESTU K., Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar, M.E.S

2016 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Interaksi komunikasi organisasi memiliki dinamika tersendiri. Setiap anggota memiliki kemampuan dan cara komunikasi yang berbeda. Komunikasi organisasi pada dasarnya adalah sebuah jaringan komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal menjadi penting bagi organisasi karena sangat berpengaruh pada setiap perusahaan. Komunikasi interpersonal yang baik akan membantu bisnis untuk membangun stabilitas jangka panjang yang besar. Komunikasi interpersonal yang baik antara karyawan dapat mengurangi kesalahpahaman sedangkan komunikasi yang buruk memungkinkan situasi dimana terjadi kesalahan yang tidak disengaja dapat terkajadi dan merupakan masalah komunikasi. Berdasarkan wawancara dengan beberapa pegawai administrasi departemen sumber daya manusia, peneliti menemukan beberapa masalah dimana komunikasi interpersonal adalah tepat untuk diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dinamika interaksi komunikasi interpersonal pegawai administrasi departemen sumber daya manusia di Panti rumah sakit Rapi. Teori-teori adalah teori komunikasi organisasi dan komunikasi interpersonal. Peneliti menerapkan penelitian studi kasus sebagai metode. peneliti mempresentasikan hasil dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini adalah tentang perkembangan organisasi, kendala selama proses berkomunikasi, resolusi konflik diantara pegawai, dukungan interpersonal komunikasi dan lima strategi yang digunakan oleh pegawai untuk mendukung komunikasi interpersonal mereka.

The interaction dynamics of organizational communication has each own dynamic. Every member has the ability and different ways of communication. Organizational communication is basically an interpersonal communication networking. Interpersonal communication becomes important for organization because it will be essential to every company. Good interpersonal communication helps a business to build a great long-term stability. Good interpersonal communication between employees can reduce misunderstandings. Poor communication allows a situation such as inadvertent administrative error and communication problems. Based on interviews with some administrative employees of health service managerial division, the researcher found some problems that interpersonal communication is appropriate to be applied. The purpose of this study is to determine the practice of interpersonal communication of the administrative employees of health service managerial division in Panti Rapih hospital. The theories are the theory of organizational communication and interpersonal communication. The researcher applied case study as a method. The researcher presented the results in the form of a narrative. The findings are about organization's development, obstacles during the process of communication, conflict resolution among their employees, interpersonal reinforcements and five strategies used by employees to support their interpersonal communication.

Kata Kunci : Kata kunci: staf administrasi Pengelola Pelayan Kesehatan, komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, dinamika interaksi komunikasi organisasi, Keywords: administrative staffs of the health service managerial division, interpersonal communication, o

  1. S2-2016-376392-abstract.pdf  
  2. S2-2016-376392-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-376392-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-376392-title.pdf