Laporkan Masalah

Analisis Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan Ambon

VEMARA M MATITAPUTTY, Prof.Ir. Sigit Priyanto,M.Sc.,Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Sistem dan Teknik Transportasi

Pelabuhan Ambon sebagai pelabuhan utama di Kota Ambon berfungsi untuk kegiatan naik turun penumpang, bongkar muat barang, ekspor impor dan sebagai prasarana penghubung antar daerah, antar pulau bahkan antar negara, benua dan bangsa, diharapkan mampu menyediakan pelayanan yang aman, efektif dan efisien, hal ini dapat dinilai melalui kinerja operasional pelabuhan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah maupun standar internasional. Untuk itu perlu dilakukan analisis kinerja pelayanan opersional pelabuhan Ambon untuk mengetahui kinerja pelabuhan eksisting, utilisasi peralatan bongkar muat, proyeksi kebutuhan fasilitas pelabuhan dan peralatan pada masa yang akan datang serta pengaruhnya terhadap kondisi ekonomi di Kota Ambon. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif untuk memperoleh data time series sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 yang berguna untuk menganalisis pengaruh kondisi ekonomi terhadap arus lalu lintas pelabuhan dengan metode analisa regresi, proyeksi arus lalu lintas pelabuhan dengan metode curva estimasi, nilai BOR, kebutuhan tambatan, kebutuhan panjang dermaga, kebutuhan lapangan penumpukan, kebutuhan gudang, dan observasi langsung di lapangan untuk mengetahui waktu siklus peralatan meliputi Luffing Crane, Rubber Tyred Gantry Crane dan Reach Stacker. Hasil penelitian menunjukan PDRB berpengaruh terhadap arus kunjungan kapal dan bongkar muat barang. Hasil proyeksi arus lalu lintas pelabuhan hingga tahun 2034 menunjukan adanya tendensi peningkatan. Kinerja pelabuhan tahun 2010 sampai tahun 2014 yang meliputi WT, AT, dan ET:BT dinilai baik. Nilai BOR sesuai standar UNCTAD lebih tinggi dari 60% dan tahun 2034 diproyeksikan akan mencapai 84,72% yang berarti kesibukan di pelabuhan meningkat sehingga membutuhkan penambahan jumlah tambatan, sedangkan menurut keputusan Dirjen Hubla, nilai BOR proyeksi sampai tahun 2024 dinilai cukup baik. Kebutuhan panjang dermaga tahun 2034 diproyeksikan sekitar 804 meter. Kondisi eksisting lapangan penumpukan berdasarkan nilai YOR sebesar 63,73% sampai tahun 2034 sebesar 90%, nilai SOR tahun 2034 sebesar 0,58%. Peralatan bongkar muat yang meliputi LC, RTG dan RS masih mampu melayani kebutuhan bongkar muat peti kemas sampai dengan tahun 2034 sehingga tidak memerlukan penambahan.

As the main port in the city of Ambon which serves embarking and disembarking passengers, loading and unloading goods, import and export, and as the connecting infrastructure between regions, between islands and even between countries, continents and nations, Port of Ambon is expected to provide services that are safe, effective and efficient. This can be measured by the port operations performance which meet the standards established by the government and international standards. Therefore, it is necessary to carry out the analysis of the operational performance of the Port of Ambon to determine the performance of the existing port, loading and unloading equipment utilization, the projected port facilities and equipment needs in the future and its influence on economic conditions in Ambon City. The data collection was done qualitatively to obtain time series data since 2010 until 2014 that is useful to analyze the impact of economic conditions to the flow of port traffic by using regression analysis, the projected flow of traffic flow port with curve estimation methods, the value of the BOR, the need for mooring, the need of dock length, field supplies stacking, warehouse needs, and direct observation in the field to determine the cycle time of equipment includes Luffing Crane, Rubber Tyred Gantry Crane and Reach Stacker. The results showed that the GDP affect the ship traffic and the loading-unloading of goods. Results of port traffic flow projections until the year 2034 showed a tendency of an increase. Port performance of the year 2010 to 2014 which includes WT, AT, and ET:BT was considered good. BOR value in accordance with standard UNCTAD was higher than 60% and in 2034 is projected to reach 84.72%, which means increased activity in the port and require an increase in the amount of moorings, while according to the decision of Directorate General of Sea, the projected BOR value in 2024 was considered good. The needs wharf length in 2034 is 804 meters. Existing condition container yard by according to YOR value is 63.73% and in 2034 is 90%, while the value of SOR in 2034 is 0.58%. Loading and unloading equipments that consist of LC, RTG and RS are still able to serve the needs of container loading and unloading up to 2034, therefore it does not require an increase.

Kata Kunci : Kinerja Pelabuhan, Arus Lalu Lintas Pelabuhan, Kebutuhan Fasilitas, Peralatan Bongkar Muat, Standar Operasional/ Port Performance, Traffic Flow Ports, Facility Supplies, Equipment Stevedoring, Standard Operating.

  1. S2-2016-372954-abstract.pdf  
  2. S2-2016-372954-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-372954-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-372954-title.pdf