Laporkan Masalah

Model Bisnis Mobile Application Platform Untuk Rental Mobil

Panji Ardiansyah, Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand.Merc., Ph.D

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Perkembangan usaha rental mobil di Daerah Istimewa Yogyakarta masih sangat prospektif dan semua ini tidak lepas dari potensi serta daya tarik pariwisata daerah yang terus berkembang. Namun, dalam perkembangannya sistem pemasaran yang telah dilakukan selama ini dirasa kurang efektif. Melalui perantara para pengusaha rental mobil tidak dapat memasarkan mobilnya secara langsung kepada konsumen. Melihat dari kelemahan-kelemahan tersebut maka penulis berusaha menyelesaikan masalah dengan membuat sebuah mobile application platform yang terintegrasi dan Real Time. Mobile application platform PinjamPinjam melihat peluang ini untuk membuat sebuah market place rental mobil untuk membantu perusahaan rental mobil dan konsumen agar bisa saling terhubung dalam aktivitas sewa-menyewa. Penelitian ini bertujuan membuat model bisnis mobile application platform PinjamPinjam dengan menggunakan kanvas model bisnis melalui metode peta empati yang didapat dari pelanggan. Hal tersebut dilakukan untuk menangkap potensi yang masih sangat bisa dan layak untuk dikembangkan. Hasil penelitian dimulai dari peta empati pelanggan yang selanjutnya dituangkan ke dalam kanvas model bisnis untuk menentukan pola model bisnis PinjamPinjam . Mobile application platform PinjamPinjam berkerjasama dengan perusahaan rental mobil dalam memasarkan kendaraan, sehingga bisa dilirik oleh konsumen. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa aplikasi PinjamPinjam akan mendapatkan laba/cash flow sebesar Rp 287 juta ditahun pertama dengan payback periodselama 3,47 tahun dan NPV positif menunjukkan bahwa usaha ini sangat layak untuk dilaksanakan.

The development of the car rental business in Yogyakarta is still highly prospective and all of this can not be separated from the potential and attractiveness of the region's growing tourism. However, in its development, marketing system that has been done so far is less effective. Through intermediaries entrepreneurs can not market the car rental cars directly to consumers. Viewed from these weaknesses, the authors attempt to resolve the problem by creating an integrated platformyang sebuahmobile application and Real Time. Mobile application platform PinjamPinjam saw the opportunity to create a market placerental car to help the car rental company and customers to be interconnected in a lease activity. This research aims to create a business model of mobile application platforms PinjamPinjam using the business model canvas through the map method of empathy gained from the customer. It is done to catch the potential that is still very able and feasible to develop. Results of the study begunempathy map of customer subsequently poured into the business model canvas to determine the pattern of business models PinjamPinjam. Mobile application platform PinjamPinjam working with car rental company in marketing the vehicle, so it can be ogled by consumers. Results of the analysis showed that the application will PinjamPinjam profit / cash flow amounted to Rp 287 million in the first year with a payback period of 3.47 years and a positive NPV indicates that this business is very feasible.

Kata Kunci : mobile application platform, PinjamPinjam, rental, mobil, pelanggan, peta empati, kanvas model bisnis / mobile application platform, PinjamPinjam, rental cars, customer, empathy maps, business model canvas