Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PT. XL AXIATA TBK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LAYANAN DATA DI INDONESIA

HARYO WIBOWO, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Industri telekomunikasi di Indonesia sedang bergeser kepada layanan data yang sebelumnya lebih banyak layanan suara dan pesan singkat. Layanan data membuat persaingan baru di industri perusahaan telekomunikasi karena harus menyiapkan teknologi yang akan menjamin kualitas dan kapasitas bisa memenuhi keinginan pelanggan. Saat ini gaya hidup atau lifestyle masyarakat sangat didukung oleh layanan data yang ditawarkan oleh perusahaan telekomunikasi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengevaluasi strategi XL Axiata, menganalisis kondisi internal perusahaan serta menganalisis lingkungan eskternal industri telekomunikasi sehingga dapat diambil kesimpulan apakah strategi perusahaan masih efektif untuk diterapkan di industri telekomunikasi yang bergeser ke layanan data dan sekaligus juga memberikan alternatif strategi untuk meningkatkan kemampuan berkompetisi di industri telekomunikasi di Indonesia. Dengan melihat indikator keberhasilan suatu perusahaan kita bisa mengetahui apakah strategi yang diterapkan berhasil atau perlu direvisi. Indikator keberhasilan seperti pertumbuhan jumlah pelanggan, peningkatan pendapatan dan juga image atau brand perusahaan dimata pelanggan. Kekuatan dan kelemahan internal perusahaan bisa dipergunakan sebagai salah satu dasar untuk membuat strategi yang terbaik bagi perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya perusahaan. Analisis lingkungan eksternal dipergunakan untuk memanfaatkan peluang perusahaan dan mengantisipasi persaingan dalam industri telekomunikasi untuk memenangkan pasar

The telecommunications industry in Indonesia is shifting from voice and short messaging services to data services. Data services create new competition in the telecommunications industry because the company must prepare a technology that will ensure the quality and capacity to meet customer desires. Currently the lifestyle of the community strongly supported by the data services offered by telecommunications companies. The main objective of this study was to evaluate the strategy of XL Axiata, analyze the internal conditions of the company and analyze the external environment of the telecommunications industry so that it can be concluded whether the company's strategy is still effective to be applied in the telecommunications industry shifts to data services and it also provides an alternative strategy to improve competitiveness in the telecommunications industry in Indonesia. By looking at the indicators of success of a company we could find out whether the strategy adopted successful or need to be revised. Success indicators such as growth in the number of customers, increased revenue and the company's brand image on the eyes of customers. The company's internal strengths and weaknesses can be used as a basis for making the best strategy for the company to utilize the company's resources. Analysis of the external environment are used to take advantage of the opportunities of the company and anticipate the competition in the telecommunications industry to win the market

Kata Kunci : strategic management, competitive strategy, industry environmental analysis, five forces of Porter, HHI, driving forces, key success factors, strategic group map, the telecommunications industry, 3R strategy of XL Axiata