Laporkan Masalah

Belanja Online (Perilaku Konsumsi Belanja Online Kaum Muda Melalui Instagram)

AKBAR NUGRAHA M P, Dr. Suharko, S.Sos., M.Si.

2016 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

Kehidupan modern selalu ditandai dengan semakin pesat kemajuan dan perkembangan bidang teknologi. Teknologi internet menjadi salah satu hasil dari perkembangan dan kemajuan teknologi. Kemajuan dan kehadiran internet membawa pengaruh kepada perubahan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah perkemangan yang terjadi dalam cara mengkonsumsi suatu barang, yaitu cara offline menuju cara online. Dimana cara offline diartikan sebagai cara berbelanja konvesional dengan mendatangi toko atau gerai. Sedangkan cara online adalah suatu proses belanja yang memanfaatkan kecanggihan teknologi internet dalam dunia maya. Penggunaan teknologi internet semakin popular di kalangan kaum muda. Kaum muda merupakan bagian dari masyarakat yang sangat dekat dengan persoalan akses informasi dan komunikasi, serta dunia internet. Cara belanja online merupakan salah satu bentuk perubahan yang diberikan oleh kecanggihan teknologi internet dari segi inovasi dalam berbelanja. Belanja online memberikan berbagai macam kemudahan dan kenyamanan dalam setiap transaksinya. Ada berbagai media belanja online dalam dunia maya, salah satu yang saat ini cukup disukai oleh kalangan kaum muda adalah media aplikasi Instagram. Instagram saat ini tidak hanya difungsikan sebagai media sosial berbagi konten foto dan video, akan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media dalam belanja online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses berbelanja secara online di kalangan kaum muda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara yang mendalam yang dilanjutkan dengan proses dokumentasi untuk mendukung data penelitian. Informan dalam penelitian ini merupakan kaum muda yang berasal dari berbagai golongan kelas, yang berada di ruang lingkup kampus ugm dan sekitar kos ugm. Kaum muda yang menjadi informan dalam penelitian juga merupakan kaum muda yang aktif menggunakan gadget atau smartphone dalam aktivitas di dunia maya dan belanja online. Sebagaian besar konsumen yang berbelanja online merupakan kaum muda yang aktif dalam dunia maya. Kaum muda yang cenderung memilih belanja online melalui media Instagram karena didasari oleh rasa nyaman dan kemudahan, serta terdapat pengaruh dari lingkungan dan teman sepergaulan dalam mengkonsumsi suatu barang melalui media Instagram. Media Instagram menjadi salah satu media dalam belanja online yang efektif untuk memenuhi kebutuhan di kalangan kaum muda.

Modern life is always marked by the rapid progress and development of technology. Internet technology is one of the results of development and technological progress. Progress and internet presence bring influence to changes in various fields. One of progress in a way how to consume a product,by offline toward online way. Where is the way offline interpreted as the conventional way of shopping by visiting the store to other stores. While online shopping is a process that utilizes the sophistication of Internet technology in the virtual world. The use of Internet technology is becoming more popular among young people. Young people are part of society that is very close to the issues of information access and communication, as well as the internet world. Online shopping is one of the changes provided by the sophistication of Internet technology in terms of innovation shop. Online shopping provides a wide range of convenience and comfort in every transaction. There are many types media in the virtual world of online shopping, one of currently quite favored by youth is media application Instagram. Instagram functioned today not only as social media content sharing photos and video, but also can be used as one of the media in online shopping provides convenience and comfort in the process of online shopping among youth. This study used qualitative research methods, data collection techniques in this research with in-depth interviews, followed by a process of documentation to support the data research. Informants in this study are young people who come from a various class, which is in the scope of the UGM campus and around UGM boarding.Young people who become informants in the study is also an active youth using a gadget or smartphone in daily activity as the virtual world and online shopping.Most of the consumers who do online shopping are young people and active in the virtual world. Young people who tend to prefer online shopping with using Instagram as media it because based on a sense of comfort and easiness, and also the environment and a friend becoming the first influence in consuming product in Instagram.Instagram became one of the media in an effective online shopping to meet the needs of youth.

Kata Kunci : Internet, Kaum Muda, dan Instagram/Internet, Youth, and Instagram