Laporkan Masalah

SWOT ANALYSIS ON THE SOCIAL MEDIA AS PROMOTION STRATEGY OF SWARAGAMA TRAINING CENTER

CINDY MARTHA AYUDIAH, Cisya Dewantara Nugraha, S.S., M.A.

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Di era modern seperti sekarang, mahasiswa harus memiliki soft skill yang baik. Kemampuan untuk berbicara di depan publik sudah menjadi kebutuhan utama. Hal itu tidak hanya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam kepentingan pendidikan dan dunia kerja nantinya. Swaragama Training Center adalah sebuah training center di Yogyakarta yang menawarkanprogram pelatihan keterampilan berbicara seperti penyiar radio, pembawa acara, dan juga public speaking. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui profile Swaragama Training Center, strategi promosi yang diadakan oleh Swaragama Training Center, bauran promosi yang dilakukan oleh Swaragama Training Center, dan juga analisis SWOT dari strategi promosinya. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data tentang profil Swaragama Training Center, strategi promosi, dan analisis SWOT pada promosi akun media sosial Swaragama Training Center menggunakan metode studi lapangan dan studi pustaka. Dalam studi lapangan, penulis melakukan observasi langsung dan wawancara dengan Manager STC dan staf STC. Dalam studi pustaka, beberapa buku yang menjadi referensi yang digunakan dalam mendukung penyelesaikan penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Swaragama Training Center (STC) menerapkan teori strategi bauran promosi 4P yaitu product, place, price, dan promotion. Berdasarkan wawancara dengan beberapa pegawai & siswa latihan dan observasi langsung di Swaragama Training Center, promosi yang paling memberikan pengaruh pada promosi di Swargama Traning Center adalah promosi lewat radio dan media sosial. Untuk itu penulis menganalisa SWOT yang dimiliki masing-masing media sosial yang digunakan STC sebagai media promosi. Hasil dari penelitian yag dilakukan oleh penulis adalah promosi media sosial yang mempunyai banyak kekuatan adalah Twitter dan Website, sedangkan Line adalah media sosial yang memiliki kekurangan paling sedikit. Media sosial yang paling banyak memiliki kekurangan adalah Facebook, sedangkan media sosial lainnya memiliki strength, weakness, opportunity dan threat yang rata-rata.

In modern era like now, college students should have good soft skill. The ability to speak in front of public has been a primary need already. The public speaking skill is not only needed in the daily life, but also in for academic and professional world. Swaragama Training Center is a training center in Yogyakarta which offers many kinds of public speaking training programs such as radio announcer, master of ceremony, and also public speaking. The purpose of this research in this graduating paper is to know about the profile of STC, the promotion strategy in Swaragama Training Center, promotion mix of Swaragama Training Center and also SWOT analysis of the promotion strategy in Swaragama Training Center. The methods of collecting the data of information on the profile, promotion strategy, and SWOT analysis on social media promotion of Swaragama Training Center were done by conducting field and library studies. In field study, the writer did direct observation and interviews with STC’s manager and staffs. In library study, several books and online resources became references to support finishing the research. The conclusion of this research is Swaragama Training Center applies promotion mix 4P theory which are product, place, price, and promotion. Based on interviews with Swaragama Training Center’s staffs and trainees and also observation in STC, the most effective promotion is promotion by radio and social media. The writer analyzed the SWOT of each social media promotion that are being used by STC as promotion media. The result of the research is the social media promotion that has the most strengths rather than any social media are Twitter and Website, and the social media that has the most minumum weakness is Line. The social media that has the most weaknesses is Facebook, and the other social media has average strengths, weakness, opportunities, and also threats.

Kata Kunci : promotion strategy, marketing mix, SWOT analysis, swaragama training center