Laporkan Masalah

The Effective use of Social Media in Destination Branding

DWI RAHMI LABBAIKA , Erik Braun

2015 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Skripsi program sarjana Akutansi Internasional UGM ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor penunjang terjadinya penggunaan media sosial dalam destination branding yang efektif. Penelitian yang dilakukan dalam penyusunan skripsi ini berdasarkan pengumpulan data dari karya ilmiah yang saling berkaitan. Data tersebut menggabungkan teori dasar pemasaran dan branding melalui media sosial, dengan teori destination branding. Kesimpulan dari kedua teori tersebut menghasilkan tiga macam faktor penunjang terjadinya penggunaan media sosial dalam destination branding yang efektif, yaitu kualitas konten media sosial yang bagus, keikutsertaan seluruh elemen penunjang destination branding, dan eksekusi strategi yang berkesinambungan dengan strategi marketing yang lainnya. Masing-masing faktor berhubungan satu sama lain dan memiliki kepentingan yang merata dalam menunjang terjadinya penggunaan media sosial dalam destination branding yang efektif.

This bachelor thesis is a qualitative research aimed to investigate necessary conditions for an effective use of social media platforms in destination marketing. Research conducted in this study is solely based on literature research. The study combines general theory of social media marketing and branding with theory of destination branding and concludes propositions based on those two theories. There are three propositions for an effective use of social media platforms in destination branding: good quality content of social media updates, involvement from the whole destination marketing organization, and integration with other marketing platforms. Each of these conditions is correlated with each other and all of them are necessary for an effective use of social media platforms activities in destination branding.

Kata Kunci : Social Media, Destination Branding, Branding, Marketing, City Marketing