Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Kesadaran, Citra, Kualitas, dan Nilai Destinasi Pada Niat Berkunjung Ke Obyek Wisata Kepulauan Derawan

SARBINI, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kesadaran, citra, kualitas dan nilai destinasi berpengaruh pada niat berkunjung ke obyek wisata Kepulauan Derawan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Sebanyak total 182 responden dalam penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, untuk mengetahui pengaruh antara variabel kesadaran, citra, kualitas, dan nilai destinasi pada niat berkunjung wisatawan ke obyek wisata Kepulauan Derawan. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kesadaran, citra, kualitas, dan nilai destinasi pada niat berkunjung wisatawan ke obyek wisata Kepulauan Derawan. Kualitas destinasi menjadi variabel yang mempunyai pengaruh paling besar dengan nilai β sebesar 0,326 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini membuktikan bahwa dalam industri pariwisata kualitas adalah hal yang sangat penting. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan mampu memberi masukan kepada para pengelola pariwisata agar dapat mengembangkan obyek wisata Kepulauan Derawan menjadi lebih optimal.

The purpose of this study is to determine whether the destination awareness, destination image, destination quality, and destinations value influence on intention to visit Derawan Islands Tourism. The sample in this study were taken using a nonprobability sampling method with purposive sampling. A total of 182 respondents in the study was obtained through online questionnaires. The analysis technique used is the Multiple Linear Regression, to determine the effect of destination awareness, destination image, destination quality, and destination value on the intention to visit Derawan Island Tourism. The results of data analysis in this study shows that there is a positive and significant influence between the destination awareness, destination image, destination quality, and destination value on the intentions to visit Derawan Islands Tourism. The study found that destinations quality becomes the variables that have the most impact with β = 0,326 and Sig = 0,000. This result proves that the quality in tourism industry is very important. The variables used in this study is expected to provide inputs to the managers of tourism in order to develop Derawan Islands Tourism become even more optimal.

Kata Kunci : Kesadaran Destinasi, Citra Destinasi, Kualitas Destinasi, Nilai Destinasi, dan Niat Berkunjung.